Kisah Candi Prambanan dalam Misteri Roro Jonggrang

Kesempatan kali ini “matajatim.com” akan mengulas kisah candi prambanan dan misteri roro jonggrang, namun sebelum mengulas kisah candi yang melegenda tersebut lebih afdolnya simak dulu sedikit ulasan tentang candi prambanan ini, candi prambanan Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang populer dan banyak dikunjungi oleh penikmat perjalanan domestik hingga ke mancanegara, candi prambanan ini dikenal dengan nilai-nilai budaya zaman kerajaan yang unik,dan hal itulah yang menjadikan candi prambanan ini sebagai salah satu tujuan wisata nomer satu di Yogyakarta.
kisah candi prambanan dan misteri roro jonggrag
kisah candi prambanan dan misteri roro jonggrag

Candi prambanan ini berlokasi di perbatasan antara jawa tengah dan Yogyakarta, secara administratif wisata ini berada tepat di antara kecamatan prambanan,sleman,Yogyakarta dan kecamatan prambanan,klaten,jawa tengah.akses masuk ke candi prambanan ini berada di desa tlogo,klaten. Namun secara umum candi prambanan ini lebih dikenal berada di wilayah yogyakjarta.
candi prambanan, candi hindu terbesar
candi prambanan, candi hindu terbesar

Candi prambanan ini merupakan candi hindu terbesar dan termegah di asia tenggara, itulah sedikit perkenalan tentang candi prambanan, sesuai  denga judul artikel di atas selain dikenal dengan kemegahannya candi prambanan ini menyimpan kisah misteri yang dikenal dengan candi Roro Jonggrang dan kutukan bandung bondowoso.



Kisah Candi Prambanan Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso

Menurut legenda, roro jonggrang adalah putri dari raja boko yang berkuasa di daerah prambanan, putri roro jonggrang ini memiliki kecantikan dan keanggunan yang memikat. Kecantikan putri roro jonggrang membuat seorang pria di daerah pengging yang bernama bandung bondowoso ingin memperistrinya, namun roro jonggrang tidak mencintainya, sebagai alasan menolak pinangan tersebut roro jonggrang mengeluarkan syarat agar di buatkan 1000 candi dalam waktu satu malam, dan si pejantan tangguh bandung bondowoso tersebut menyaggupinya.
kisah candi prambanan, roro jonggrang
roro jonggrang

Sebelum melaksanakan pekerjaannya bandung bondowoso bersemedi untuk minta bantuan para jin. Dan menjelang petang pembagunan seribu candi tersebut mulai dilakukandan menjelang matahari terbit pembangunan candi tersebut hamper selesai, melihat hal tersebut roro jonggrang cemas dan berusaha mencegah kerja tersebut. Roro jonggrang kemudian memanggil para putri desa untuk membantu menggagalkan pembuatan candi tersebut dengan cara membakar jerami dan memukul alat penumbuk padi supaya seolah-olah kondisi sudah menjelang fajar, satu persatu jin pun meninggalkan proyek tersebut dan setelah dihitung candi tersebut masih kurang satu arca dan pada ahirnya bandung bondowoso mengetahui kecurangan roro jonggrang bandung bondowoso pun marah dan berkata “karna masih kurang satu arca maka kamu jadi penambahnya” dan taklama kemudian rorojonggrang berubah menjadi sebuah arca sehingga lengkaplah candi tersebut.

 

 

Mistos Candi Prambanan

Dikarenakan legenda candi prambanan dan kisah roro jonggrang tersebutlah,Tempat wisata candi prambanan ini dipercaya bahwa “sepasang kekasih yang mendatangi candi roro jonggrang aka mengalami putus cinta” benar tidak kah? Semua kembali menurut kepercayaan masing-masing.

Keindahan Candi Prambanan

pesona keindahan candi prambana
pesona keindahan candi prambana
Candi prambanan ini memiliki pesona keindahan yang menawan yang terdiri dari 3 candi utama yaitu candi siwa, candi sima, dan candi wisnu, ketiga  candi utama tersebut dikelilingi oleh candi pendamping yang bentuknya lebih kecil, jika anda melihat dari dekat maka akan terlihat banyak relief yang memiliki alur cerita sebagai pembelajaran agama hindu kususnya, dalam relief tersebut menceritakan kisah Ramayana dan juga terdapat relief pepohonan , dan legenda yang terdapat pada relief tersebut di pentaskan setiap bulan purnama yang bertempat di halaman candi prambanan.

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kisah Candi Prambanan dalam Misteri Roro Jonggrang"

Posting Komentar