Kisah dan Ajaran “Sunan KaliJaga”

Kali ini matajatim akan mengupas tentang sejarah dan ajaran sunan kalijaga, siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh yang melegenda ke belahan dunia ini. Raden mas sayahid yang kemudian bergelar denga sebutan "sunan kalijaga" ini adalah putra dari seorang bupati tuban yaitu ki tumenggung wilatikta.
kisah wali songo, sunan kalijaga
Sunan kalijaga mempunyai beberapa nama atau julukan seperti raden syahid, raden Abdurrahman, lokojoyo, jogoboyo dan pangeran tuban, konon sunan kalijaga ini pernah berguru kepada sunan ampel dan sunan bonang , dan pada waktu itu sunan kalijaga diperintahkan untuk berguru ke Cirebon yaitu kepada syekh syarif hidayatullah yang tidak lain ialah sunan gunung jati, lalu beliau diperintahkan untuk bertapa di pinggir sungai di suatu desa yang bernama sungai kalijaga. Raden syahid ini adalah orang yang cerdas, pemberani, terampil dan berjiwa besar. Ilmu yang dipelajari dari guru-gurunya ialah ilmu hakekat, ilmu kanuragan, ilmu syariah, ilmu filsafat dan lain sebagainya, sehingga beliau pada saat itu dikenal sebagai seorang ahli tauhid yang mahir dalam ilmu syariah bahkan ahli pula dibidang sastra, tidak hanya itu sunan kalijaga juga dikenal dengan syair-syairnya yang indah terutama syair jawa, setelah beliau menyelesaikan bertapa dan menuntut ilmu sunankalijaga kembali ke demak lalu beliau diberi sebutan sunan kalijaga.
Lantaran ilmu dan kemampuan pribadi yang dimiliki raden syahid tersebut ahirnya sunan kalijaga termasuk dalam anggota “Walisongo” atau wali Sembilan yang bergerak dalam pengaturan kekuasaan sultan patah demak, beliau di mandatkan oleh walisongo ini untuk mengajarkan masyarakat pedalaman yang kondisinya yang rawan karena kurangnya ilmu pengetahuan sehingga mereka berprilaku kehidupan yang tidak terpuji.

Beberapa ilmu peninggalan sunan kalijaga 

Ilmu aji kungkum.

Ilmu ini merupakan salah satu ilmu peninggalan sunan kalijaga yang digunakan sebagai ajian silat ghaib yang bertujuan untuk keselamatan dan perlindunga diri. Kungkum yaitu berendam dalam bahasa jawa, untuk memiliki ilmu kungkum ini perlu dilakukan tirakat berendam di air sungai.

Ilmu aji tapa pendem.

Ilmu ini merupakan ilmu yang diamalkan dengan cara tirakat tapa pendem yaitu dengan memendam badan badan dalam taah hingga sebatas leher, ilmu ini dikenal dengan manfaat keselamatan dan kesaktian supranatural.

Ilmu sapu angin.

Ilmu ini bermanfaat sebagai ilmu perlindunga serta transfer energy dalam segala keperluan, ilmu ini dipercaya untuk memperlincah gerakan tubuh dalam keadaan darurat
Itulah beberapa ilmu peninggalan sunan kalijaga yag kami kutip dari (sunankalijaga.com) entah masih adakah ilmu tersebut , jika memang masih ada yang memiliki mudah-mudahan dipergunakan dalam kebaikan.

Baca juga artikel menarik lainnya:



Demikianlah ulasan kisah dan ajaran sunan kalijaga, dilain kesempatan matajatim.com akan mengulas kisah sunan lainnya yang tergolong dalam walisongo. Ok sampai jumpa…

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah dan Ajaran “Sunan KaliJaga”"

Posting Komentar