Pesona Goa Selarong di Jogja, saksi perjuangan pangeran diponegoro

Selain wisata goa jomblang yang dikenal dengan pesonanya yang menawan, wisata goa yang satu inpun tidak kalah menarik yaitu Goa Selarong ¸ wisata goa ini berlokasi di kelurahan guwosari, kecamatan pajangan, bantul, Yogyakarta tepatnya di area selatan kota Jogjakarta, perkiraan 30km dari pusat kota.
goa selarong di jogja
goa selarong di jogja

Sebagian orang mengenal goa ini memiliki nilai mistik dan mengandung misteri, goa ini juga tergolong masih angker karena pada malam-malam tertentu seperti malam jumat kliwon atau selasa kliwon terkadang dari dalam goa selarong ini terdengar alunan gending-gending jawa yang sedang di tabuh, terdengar suara namun taka da penampakan apapun di goa ini, namun di goa ini siapapun pengunjung tidak boleh melakukan pesugihan dan bahkan memohon nomor-nomor togel, dan ini menjadi pantangan yang harus dipenuhi oleh pengunjung , jika dilanggar maka bencana akan menimpa pada yang bersangkutan.

tangga menuju goa selarong
tangga menuju goa selarong


mulut goa selarong
mulut goa selarong

air terjung yang berada di dekat goa selarong
air terjung yang berada di dekat goa selarong

penjual aneka makanan di area goa selarong
penjual aneka makanan di area goa selarong


Wisata goa salarong ini juga memiliki acara tahunan yang dikenal dengan julukan grebeg goa selarong yang bermaksud untuk mengenang hijrahnya pangeran diponegoro ke goa selarong, dan hari hijrahnya pangeran diponegoro ini juga dijadikan sebagai peringatan hari jadi kabupaten bantul.

Sejarah pangeran diponegoro di goa selarong

Pangeran diponegoro merupakan putra sulung dari hamengku buwono III, namun pangeran diponegoro ini tidak memiliki ambisi untuk menjadi raja, sang pangeran ini lebih memilih untuk hidup bersama rakyat dan tinggal didesa tegal rejo. Dalam fase perjuangan melawan para penjajah belanda, suatu ketika pada tanggal 20 juli 1825 pangeran diponegoro dan pengikutnya dikepung oleh belanda di desa tegal rejo, namun pengepungan tersebut tidak membuahkan hasil karena pangeran diponegoro bersama pengikutnya menyingkir ke goa selarong , dan disitulah kemudian menjadi pusat perjuangan gerilya melawan penjajah.

Baca Juga : Kisah Candi Prambanan dalam Misteri Roro Jonggrang


Pesona Goa Selarong di jogja

pesona goa selarong
pesona goa selarong
Wisata goa selarong ini memiliki sumber air yang dikenal dengan julukan Sendang Manik Maya, untuk mencapai sendang manik ini anda harus melewati jembatan kecil di atas kali kering yang merupakan tempat limpahan air terjun dikala hujan, dilanjutkan dengan berjalan kaki setapak yang berjarak kisaran 100m untuk mencapai sendang manik tersebut. Sumber air ini dulunya digunakan oleh pangeran diponegoro dan pengikutnya digunakan sebagai mandi dan bersuci, tidak hanya itu di dekat sendang manik ini terdapat sebuah sumber air lainnya yang bernama sendang umbul mulya, sendang ini digunakan sebagai sarana memasak dan mencuci.
Demikianlah uraian tentang wisata goa selarong di jogja , sampai jumpa dilain posting dan selamat beraktivitas..

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pesona Goa Selarong di Jogja, saksi perjuangan pangeran diponegoro"

Posting Komentar