Wisata Pulau Komodo, Keindahan Dunia yang mengagumkan

Pulau Komodo Di hari yang cerah ini matajatim akan mengulas tentang tempat wisata yang berlokasi di kepulauan nusa tenggara yang memiliki pesona keindahan yang istimewa yaitu wisata pulau komodo, pulau ini merupakan kawasan taman nasional komodo yang berlokasi di  kecamatan komodo, kabupaten manggarai barat yang berbatasan dengan provinsi nusa tenggara barat.

pesona pulau komodo-indonesia
pesona pulau komodo-indonesia

panorama keindahan pulau komodo
panorama keindahan pulau komodo


Wisata taman nasional komodo merupakan gugusan tiga pulau utama yang membentuk satu kesatuan yang terdiri dari 175 pulau kecil lainnya, taman nasional komodo ini memiliki luas kurang lebihnya 1817km persegi, dan ketiga pulau tersebut ialah pulau komodo, pulau padar dan pulau rinca.

Keindahan dan aktivitas di pulau komodo

pulau komodo-indonesia
pulau komodo-indonesia
jika sobat matajatim ingin menyaksikan makhluk besar yang mirip kadal raksasa dengan panjang 2-3meter maka datanglah ke wisata pulau komodo ini, di tempat ini anda akan di suguhkan dengan pemandangan binatang reptile sejenis kadal raksasa yang berukuran 2-3 meter dan berat kisaran 100-165km yang berada dalam habitat aslinya, dipulau ini sobat bisa berkeliling menikmati indahnya pulau komodo yang ditemani oleh “jagawana” yaitu pemandu perjalanan sobat, di pulau ini sobat juga bisa mengabadikan momen-momen special yang berlatar makhluk unik tersebut. Tidak hanya itu selain bisa melihat kehidupan komodo di habitat aslinya sobat bisa menikmati berbagai aktivitas di pulau komodo tersebut, seperti trekking dan menyelam.

Trekking di pulau komodo

Salah satu aktivitas untuk menikmati keindahan pulau komodo ini ialah dengan trekking, trekking di pulau komodo ini sangat mengesankan, anda akan di ajak mendaki gunung yang memiliki ketinggian kurang lebihnya 538 meter diatas permukaan laut, dalam perjalanan anda akan melihat water hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat hewan komodo tersebut, anda bisa melihat komodo yang sedang minum dan beristirahat di bawah pepohonan tersebut, sungguh pemandangan yang mengagumkan dan anda bisa mengabadikan momen-momen tersebut.
Saat trekking anda akan ditemani oleh pemandu yang disebut pawang komodo di wisata tersebut, biasanya pawang komodo tersebut membekali rombongannya dengan tongkat yang di buat dari satu jenis pohon untuk senjata yang berkhasiat untuk melemahkan komodo tersebut, jika ada hal yang tidak diinginkan seperti komodo menyerang atau mengejar anda maka senjata tongkat yang bercabang tersebut bisa anda gunakan untuk menekan leher komodo dan dalam waktu singkat komodo tersebut akan melemah, namun hal ini jarang terjadi.

Menyelam di pulau komodo ,  nikmati keindahan bawah laut pulau komodo


pesona bawah laut pulau komodo
pesona bawah laut pulau komodo
Selain bisa melihat makhluk unik, di wisata pulau komodo ini anda bisa menikmati keindahan bawah laut  yang menawan, anda bisa menyaksikan beragam keindahan terumbu karang yang terdiri dari  386 jenis terumbu karang dan kisaran 70 jenis bunga karang , penyu, paus, lumba-lumba dan berbagai jenis ikan lainnya.
Menurut berbagai wisatawan dari sekian banyak titik menyelam dipulau komodo tersebut.

 ada tiga titik yang populer dan di gemari para wisatawan yaitu:
  • Batu samsia, di batu samsia ini penyelam dapat menyusuri keindahan serangkaia saluran air yang dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan beragam ikan lainnya.
  • Took took, toko toko ini merupakan salah satu titik yang menyuguhkan keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan jenis , dan ikan yang berenang di antara terumbu karang yang akan membuat anda terkagum-kagum, titik toko toko ini di sebut sebagai istana batu dalam air oleh para penyelam.
  • Crystal Rock, Di titik cristal rock yang memiliki  kedalaman 5 meter, Anda bisa menemukan katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.
macam ikan dan keindahan karang di pulau komodo
macam ikan dan keindahan karang di pulau komodo

Jika sobat matajatim ingin menyelam di wisata ini maka Waktu terbaik adalah pada bulan Maret – Desember. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut arah angin, suhu air, kuat arus dan musim yang mempengaruhi jarak pandang saat menyelam terhitung baik.

Baca juga artikel menarik lainnya: 7 Pulau Unik dan Aneh di Dunia

Tentang Sejarah Pulau Komodo

keindahan karang di pulau komodo
keindahan karang di pulau komodo
Menurut dari berbagai sumber yang kami rangkum , konon pulau ini di beri nama oleh orang belanda dengan julukan pulau komodo yang sampai saat ini nama tersebut tersohor hingga ke mancanegara, cerita tersebut berawal dari letnan steyn van hens broek yang membuktikan laporan pasukan belanda memngenai adanya hewan besar yang menyerupai naga di pulau tersebut, lalu styln menangnkap dan membunuh se-ekor komodo tersebut dan di dokumentasikan ke museum and botanical garden di bogor untuk diteliti, dan pada tahun 2009 pulau komodo si nobatkan menjadi finalis “ new seven wonders of nature” yang di umumkan pada tahun 2010, pilihan tersebut melalui voting secara online di www.n7w.com  yang di selenggarakan pada tanggal 11 november 2011, dan hasil pengumuman dari “ new 7 wonders  tersebut, taman nasional komodo masuk ke dalam jajaran pemenang tersebut.

Kisah Legenda Putri Naga Di pulau Komodo

Konon, hiduplah seorang pemuda yang jatuh hati terhadap putri naga yang datang dari seberang , dan pemuda tersebut menikahi sang putri naga , tidak lama kemudian pasangan tersebut di karuniai bayi kembar  namun bayi tersebut memilik bentuk yang berbeda, yang satu normal layaknya manusia dan yang satunya lagi menyerupai se ekor kadal, karena malu bayi yang menyerupai kadal tersebut di asingkan ke sebuah pulau. Dan sampai suatu hari, saat aak tersebut sudah dewasa,salah satu anak tersebut  melakukan pemburuan dan akan memanah salah satu hewan komodo dan saat itu pula sang ibu datang dan mencegah nya, ibu berkata “ jangan kau bunuh, dia adalah saudara kembarmu” sang anak kaget dan menjawab “ mana mungkin aku punya saudara se-ekor komodo ibu” dan ibu berkata pada tahun yang lalu ibu melahirkan anak kembar yaitu dirimu dan komodo tersebut dan cobalah lihat di lengan kalian ada tanda yang sama, dan ahirnya si anakpun mengurungkan niatnya dan menerima komodo tersebut menjadi saudaranya…

Artikel menarik lainnya : Pulau Sombori Morowali, Surga Alam di Sulawesi

Akses ke wisata pulau komodo 

Jika sobat matajatim ingin berkunjung ke "pulau komodo", ada beberapa jalur yang bisa anda pilih diantaranya:

  1. Jalur udara, Untuk jalur udara jika anda dari Jakarta anda harus transit di pulau bai dan diteruska ke labuhan bejo, yaitu sebuah kota di barat laut flores yang merupakan gerbag untuk menuju pulau komodo, ada beberapa pilihan pesawat yang bisa anda gunakan seperti air land, GT air dan TransNusa dari bali menuju labuhan bejo.
  2. Jalur darat, Untuk jalur darat sobat bisa menggunakan bus dari Denpasar-bali menuju ke labuhan bajo dan bima
  3. Jalur laut, Anda bisa mencapai labuhan bajo dengan menggunakan ferry dari Denpasar-bali

Demikianlah posting kali ini tentang tempat wisata pulau komodo yang memiliki keindahan dunia yang mengagumkan. Semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda.

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Pulau Komodo, Keindahan Dunia yang mengagumkan"

Posting Komentar