Goa gajah bali, wisata unik dan bersejarah

Ngomongin tempat wisata di pulau bali memang tiada habisnya, selain dikenal dengan wisata pantainya bali juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk di kunjungi salah satunya ialah goa gajah, di kesempatan kali ini matajatim akan mengulas tentang wisata goa gajah di bali yang terkenal dengan keunikan dan sejarahnya yang patut sobat kunjungi saat berlibur ke pulau dewata ini.
objek wisata goa gajah di bali ini memiliki daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan , setiap harinya goa gajah ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan local maupun luar negri, di wisata goa ini sobat bisa menelusuri keindahan goa yang memiliki ketinggian kurang lebihnya 2meter dan lebar 2meter yang terletak di tepi sungai, di area goa gajah ini juga terdapat pepohonan yang rindang berumumur ratusa tahun  yang mengelilingi goa tersebut.

pintu masuk goa gajah
pintu masuk goa gajah

Keindahan dan aktivitas goa gajah di bali

Menelusur ke goa gajah ini sobat akan disuguhkan dengan keindahan goa yang bernuansa hening dengan sinar lampu yang agak redup menyinari seluruh goa gajah ini, disisi goa juga terdapat lubang berbentuk kotak yang konon digunakan sebagai tempat  melakukan semedhi dan tapa, sobat bisa duduk di tempat tersebut dan berfoto-foto sembari menikmati pemandangan goa tersaebut, tidak hanya itu di depan area goa gajah ini terdapat 7 buah patung bersejarah yang memancurkan air ke dalam sebuah kolam, jika sobat ingin melihatnya lebih dekat atau ingin berfoto-foto dengan background patung bersejarah tersebut maka sobat harus menuruni beberapa anak tangga yang menuju ke patung tersebut, patugn-patung tersebut disebut sebagai jelmaan widayadari  dan widyadara.
patung bersejarah
patung bersejarah

Artikel menarik lainnya:

Sejarah Goa Gajah bali

Selain memiliki keindahan goa yang unik, goa gajah juga memiliki sejarah yaitu
Penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, LC. Heyting pada tahun 1923 yang menemukan arca Ganesha, Trilingga serta arca Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda. Hal tersebut di tindak lanjuti oleh Dr. WF. Stuterhiem untuk mengadakan penelitian lanjut pada tahun 1925. Pada tahun 1950 Dinas Purbakala RI melalui seksi-seksi bangunan purbakala di Bali yang dipimpin oleh J.L Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan ditemukanlah tempat petirtaan kuno dengan 6 buah patung wanita dengan pancuran air di dada dan sampai sekarang keberadaanya bisa dipercaya bisa memberikan vibrasi penyucian aura bagi pengunjung.
Pada tahun 1931 Mr. Conrat Spies menemukan pula peningalan yang cukup penting di komplek "tukad pangkung" berupa stupa bercabang tiga yang terpahat pada dinding batu yang telah runtuh tergeletak didasar tukad pangkung. ( kutipan dari Wikipedia )

Alamat/lokasi goa gajah

Goa gajah ini berlokasi di desa bedulu, kecamatan blahbatu, kabupaten gianyar, pulau bali, jika dari Denpasar kurang lebihnya 27km jarak tempuh untuk mencapai goa gajah ini.
area pura goa gajah
area pura goa gajah
Demikianlah sedikit ulasan tentang wisata goa gajah yang berada di pulau bali semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, dilain kesempatan matajatim akan mengulas wisata Indonesia lainnya yang menarik dan patut untuk dikunjungi.

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Goa gajah bali, wisata unik dan bersejarah "

Posting Komentar