Masjid kudus Jawa Tengah, Keunikan Arsitektur Bersejarah

Halo sobat matajatim..,dikesempatan kali ini akan membahas tentang wisata religi yang berlokasi di kudus, jawa tengah yaitu kemegahan dan keunikan masjid kudus yang merupakan salah satu peninggalan sejarah dan juga sebagai bukti penyebaran agama islam di pulau jawa. Jika di lihat dari arsitekturnya masjid ini tergolong unik dimana design bangunannya merupakan penggabungan antara budaya islam dan hindu, yang membuktikan bahwa sebelum islam di tanah jawa telah berkembang agama hindu dan budha dengan wujud peninggalan berupa candi dan pura.
masjid menara kudus jawa tengah
masjid menara kudus jawa tengah

masjid menara kudus di jawa tengah
masjid menara kudus di jawa tengah


Masjid kudus jawa tengah ini seolah memberikan bukti bagaimana perpaduan antara kebudayaan islam dan hindu menyatu dalam sebuah bangunan yang terbilang unik dan bergaya arsitektur tinggi.

Sejarah Singkat Masjid Kudus Jawa Tengah

Berdirinya Masjid Menara Kudus tidak lepas dari peran Sunan Kudus sebagai pendiri dan pemrakarsa. Sebagaimana para walisongo yang lainnya, Sunan Kudus memiliki cara yang amat bijaksana dalam dakwahnya. Di antaranya, dia mampu melakukan adaptasi dan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dengan mayoritas beragama Hindu dan Budha. Pencampuran budaya Hindu dan Budha dalam dakwah yang dilakukan Sunan Kudus, salah satunya dapat kita lihat pada masjid Menara Kudus ini.
Masjid ini didirikan pada tahun 956 H atau 1549 M. Hal ini dapat diketahui dari inskripsi (prasasti) pada batu yang lebarnya 30 cm dan panjang 46 cm yang terletak pada mihrab masjid yang ditulis dalam bahasa Arab,

Bagian-bagian masjid kudus

Masjid Menara Kudus ini memiliki 5 buah pintu sebelah kanan, dan 5 buah pintu sebelah kiri. Jendelanya semuanya ada 4 buah. Pintu besar terdiri dari 5 buah, dan tiang besar di dalam masjid yang berasal dari kayu jati ada 8 buah. Namun masjid ini tidak sesuai aslinya, lebih besar dari semula karena pada tahun 1918-an telah direnovasi. Di dalamnya terdapat kolam masjid, kolam yang merupakan "padasan" tersebut merupakan peninggalan kuna dan dijadikan sebagai tempat wudhu.
Di dalam masjid terdapat 2 buah bendera, yang terletak di kanan dan kiri tempatkhatib membaca khutbah. Di serambi depan masjid terdapat sebuah pintu gapura, yang biasa disebut oleh penduduk sebagai "Lawang Kembar".

penyanggah kubah masjid kudus
penyanggah kubah masjid kudus
Di komplek Masjid juga terdapat pancuran untuk wudhu yang berjumlah delapan buah. Di atas pancuran itu diletakkan arca. Jumlah delapan pancuran, konon mengadaptasi keyakinan Buddha, yakni ‘Delapan Jalan Kebenaran’ atau Asta Sanghika Marga.
(dikutip dari Wikipedia)

Masjid kudus di jawa tengah ini memiliki menara yang merupakan bangunan kuno hasil dari akulturasi antara kebudayan islam dan hindu di jawa , menara ini memiliki ketinggian sekitar 18meter yang dihiasi denga piring-piring bergambar sebanyak 32 buah, yang dua puluh berwarna biru berlukisa masjid, manusia dengan unta dan pohon kurma dan yang 12 lainnya berwarna merah putih bergambar kembang, tidak hanya itu sobat bisa menyaksikan tangga yang dibuat dari kayu jati yang dibangun pada tahun 1895M, selain menara, masjid kudus ini terdapat makam yaitu makam sunan kudus dan para ahli warisnya dan tokoh islam lainnya.
makam sunan kudus jawa tengah
makam sunan kudus jawa tengah

para peziarah di makam sunan kudus
para peziarah di makam sunan kudus
Makam sunan sunan kudus ini berada di belakang menara kudus yang selalu ramai dikunjungi para peziarah yang ingin mendoakan dan membaca tahlilan untuk kanjeng sunan kudus, di makam sunan kudus ini juga ada tradisi yang dilakuka pada setiap tanggal 10 muharram yang dikenal dengan bukak luwur atau mengganti kain selambu makam, pada saat itulah puncak keramaian di masjid menara kudus ini.

Tips berkunjung ke masjid menara kudus 

Jika sobat ingin berziarah maka pergunakanlah pakaian yang sopan sesuai ajaran agama islam dan jagalah sopan santun di dalam komplek masjid maupun di area makam, jangan lupa juga siapkan plastik untuk tempat sandal yang kita lepas untuk masuk menuju makam.
Demikianlah ulasan pendek tentang keunikan Masjid kudus Jawa Tengah yang bersejarah.

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid kudus Jawa Tengah, Keunikan Arsitektur Bersejarah"

Posting Komentar