Sejarah dan misteri pulau seram di Maluku

Kesempatan kali ini matajatim akan mengulas tentang suatu pulau yang bernama pulau seram yang dikenal dengan misteri makhluk misterius yang tinggal di pulau seram tersebut, sebelum membahasa tentang keangkeran pulau seram ini mari kita kenal lebih jauh tentang pulau seram dan penduduk setempat.


nuansa pulau seram maluku
nuansa pulau seram maluku

Tentang pulau seram di maluku

rumah adat pulau seram maluku
rumah adat pulau seram maluku
Pulau Seram memiliki wilayah seluas 18.625 km2 , dengan panjang 340 km dan lebar 60 km. Titik tertingginya ialah Gunung Binaiya, setinggi 3.019m di atas permukaan laut.
Pulau Seram memiliki alam pegunungan dan hutan tropis. Produk-produk yang dihasilkan antara lain cengkih, pala, kopra, damar, sagu, ikan, dan minyak. Terdapat satu taman nasional yaitu Taman Nasional Manusela yang terkenal karena banyak hewan dan tumbuhan endemiknya. Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh melalui Desa Yaputih atau Hatu di Kecamatan Tehoru, kurang lebih 100km dari Masohi. Bisa juga melalui Desa Wahai, dibagian Seram Utara, yang rutenya melewati beberapa desa yaitu Hoaulu, Kanikeh, dan desa-desa kecil lainnya.
suku aliffuru di pulau seram
suku aliffuru di pulau seram

Pulau seram merupakan pulau terbesar yang ada di Maluku, pulau ini dihuni oleh suku aliffuru yang merupakan suku asli pulau seram, hingga saat ini suku ini masih ada akan tetapi sudah terpecah menjadi dua berdasarkan tempat tinggal mereka yaitu aliffuru gunung dan aliffuru pesisir pantai, meskipun satu suku gaya hidup mereka berbeda yaitu sesuai dengan tempat tinggalnya, alifferu pesisir gaya hidupnya sama seperti kita atau umumnya di kota, namun aliffuru pegunungan hidup dengan adat dan belum memeluk agama, mereka juga masih berkelompok dan menetap, suku aliffuru pegunungan ini bisa dijumpai di sepanjang jalur pendakian menuju gunung binaiya, rumah adat mereka juga unik karena hamper dari seluruh bangunan menggunakan material pohon sagu dan tanpa paku satupun, dan atapnyapun menggunakan daun sagu,

Mistei makhluk misterius di pulau seram

misteri makluk misterius orang bati
misteri makluk misterius orang bati
Menurut cerita masyarakat Misteri Pulau seram memang sesuai dengan namanya , pulau ini dikenal dengan misteri seorang makhluk hidup misterius yang memiliki badan seperti manusia dan memiliki sayap, penduduk setempat menyebutnya orang bati, orang bati ini dikenal  dengan kebiasaan menculik anak kecil di malam hari untuk dijadikan makan malamnya, namun ini hanyalah cerita yang melegenda di pulau seram tersebut, tidak ada bukti fisik yang menunjukkan bahwa makhluk misterius tersebut pernah hidup dipulau seram Maluku ini.

Artikel menarik lainnya : 
  1. Pesona Wisata pulau tidung dan mitos jembatan cinta 
  2. Misteri Dibalik Keindahan Pantai Watu Dodol Banyuwangi 
  3. Misteri Alas Purwo Banyuwangi, kerajaan jin di pulau jawa

Alamat/lokasi pulau seram

Secara administratif Pulau Seram dibagi menjadi tiga kabupaten: Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

demikianlah ulasan tentang  Sejarah dan misteri pulau seram di Maluku, sampai jumpa dilain cerita
Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Sejarah dan misteri pulau seram di Maluku"

Posting Komentar