Tempat Wisata di Lumajang Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Kota Lumajang memiliki banyak Tempat Wisata yag menarik dan patut untuk anda kunjungi seperti Pantai, Pegunungan, Goa , Waterpark dan Air Terjun yang akan dibahas pada kesempatan kali ini, namun sebelum mata jatim mengulas tentang keindahan alam di kota lumajang ini matajatim akan review sedikit tentang Kota Lumajang .
Tempat Wisata Menarik di Lumajang
Tempat Wisata Menarik di Lumajang

Geografi Kota Lumajang

Kabupaten lumajang ini terletak pada 112°53' - 113°23' Bujur Timur dan 7°54' - 8°23' Lintang Selatan. Adapun Luas wilayah keseluruhan Kabupaten Lumajang adalah 1790,90 km2. Kabupaten Lumajang ini terdiri dari dataran yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi yaitu:
Gunung Lamongan (1.668 m)
Gunung Bromo (2.392 m)
Gunung Semeru (3.677 m)

Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Lumajang adalah sebagai berikut:
Sebelah utara: Kabupaten Probolinggo
Sebelah selatan: Samudera Indonesia
Sebelah barat: Kabupaten Malang
Sebelah timur: Kabupaten Jember

Kabupaten lumajang juga memiliki 31 sungai dan 6 air terjun tidak hanya itu dikota ini juga terdapat Danau (ranu) yang populer dikalang para treveler yaitu Ranu Klakah, Ranu Pakis, Ranu Kumbolo dan Ranu Bedali, dan masih banyak wisata lainnya yang terkenal di kota lumajang seperti, Piket Nol, Pantai Bambang, Pemandian Selokambang. Kota lumajang juga dikenal dengan Potensi Penghasil Buah Pisang yang mampu menembus pasar ekspor hingga tersebar dimancanegara, keren kan.., dan Uniknya Pisang yang dijuluki dengan Pisang Mas Kirana ini hanya bisa tumbuh di lereng gunung semeru dan kandungan gizinya juga cukup banyak, tidak heran jika pisang ini bisa menembus pasar Luar Negeri. Itulash beberapa kelebihan tentang Kota Lumajang . keindahan alam yang dimiliki kota lumajang ini tidak perlu diragukan lagi banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi diantaranya:

1. Pantai Bambang

Pantai Bambang Lumajang (via matainginbicara.wordpress.com)

Pantai bambang ini merupakan wisata pantai yang sagt populer di kota Lumajang, hamparan pasir hitam dengan butiran pasir yang tebilang cukup besar menjadi ciri khas pantai ini, ombak di pantai ini juga terbilang cukup besar , bermain pasir dan berenang berupakan hal menarik yang disukai para pengunjung di pantai ini.

Alamat / Lokasi Pantai Bambang

Pantai bambag ini berlokasi di Desa Bango Kecamatan Pasirian, jika dari pusat kota lumajang berjarak 24Km, akses jalan juga terbilang mudah dan nyaman.

2. Puncak B29 Lumajang

Puncak B29 Lumajang (via: lumajangsatu.com)

Wisata yang satu ini merupakan wisata puncak yang populer di lumajang dan memiliki keindahan alam yang alami dan patut untuk anda kunjungi saat berwisata ke jawa timur, keindahan di atas puncak yang memiliki ketinggian kurang lebihnya 3676mdpl ini sangatlah cantik dan memikat para pengunjungnya.

Alamat/Lokasi Puncak B29 

Wisata puncak B29 ini berlokasi di Desa Argosari, kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia.
Untuk akses ke lokasi wisata ini terbilang sukup sulit da butuh sedikit perjuangan,tidak ada angkuta umum menuju wisata puncak ini, jadi anda harus memakai kendaraan pribadi , dan direkomendasikan menggunakan motor Laki atau motor bebek yang memiliki kekuata untuk melalui medan Terjal dan jala juga tidak begitu mulus, namun setelah anda melewati jalan tersebut maka anda akan dimanjakan dengan pemandangan puncak yang amat indah , view pemandangan awan yang bergerak seolah awan tersebut berada di bawah kita..pemandangan hijau pepohonan yang mengelilingi gunung bromo terlihat mempesona sejuknya angin khas pegunungan akan membuat anda betah seolah tak ingin beranjak pergi.

3. Pesona Air Terjun Coban Sewu lumajang

Air terjun coban sewu lumajang (via: beritajatim.com)

Wisata menarik selanjutnya ialah Air Terjun Coban Sewu, wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang terlihat eksotis dimana pemandangan air  jernih yang terjun bebas diantara tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah membentuk tirai yang akan membuat anda terpana saat melihatnya, udara sejuk akan membuat anda nyaman dan betah saat berada di wisata tersebut.

Alamat/Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur Indonesia.

Wisata Menarik Lainnya: Tempat Wisata di Jember yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

4. Wisata Pemandian Selokambang Lumajang

Pemandian Selokambang lumajang
Pemandian Selokambang lumajang

Wisata populer berikutnya di kota lumajang ialah Pemandian Selokambang, wisata ini menyuguhkan pemandian dengan 2kolam yang terbilang cukup luas , air yang jernih, cukup dingin dan alami yang dipercantik oleh rimbunan pepohonan membuat wisata ini digemari oleh pengunjungnya, selain itu pemandian ini juga menyediakan ragam wahana seperti Flying fox, perahu dayung dan beberapa permainan anak yang tersedia di wisata tersebut, pemandian ini sangat cocok untuk wisata keluarga bnayaknya permainan untuk anak-anak akan membuat sang buah hati anda bahagia, selesai berenang anda juga bisa bersantai diwarung-warung gazebo yang menawarka berbagai menu kuliner khas kota lumajang.

Alamat/Lokasi Pemandian Selokambang Lumajang

Wisata pemandia ini berlokasi di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten lumajang, Jawa timur, Indonesia. Wisata ini juga tidak jauh dari pusat kota, kurang lebihnya 20menit untuk sampai dilokasi tersebut.

5. Ranu Klakah Lumajang

Ranu Klakah Lumajang (via: pesonanegeri.com)

Ranu klakah merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam  dan danau yang menawan , diwisata ini anda bisa menyusuri keindahan danau dengan berperahu, berjalan kaki dipinggiran danau juga merupakan aktivitas menarik yag banyak dilakukan wisatawan, diwsata ini juga tersedia ragam permainan anak yang akan memanjakan sang buah hati anda, bagi anda yang suka bermain tennis dan memancing wsata ini sangatlah pass karna fasilitas tersebut tersedia di Ranu Klakah ini.

Alamat/Lokasi Ranu Klakah

Ranu Klakah adalah sebuah danau di kecamatan Klakah, Lumajang,Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 km di sebelah utara kota Lumajang. Danau ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dengan luas 22 hektare dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian sekitar 1.668 m dari permukaan laut, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar. Ranu Klakah oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai tempat budidayaikan mujair dan ikan nila. ( referensi (https://id.wikipedia.org/wiki/Ranu_Klakah)

Baca Juga: Inilah Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib dikunjungi

6. Air Terjun Goa Tetes Lumajang

Air Terjun Goa Tetes Lumajang (via : johanesjonaz.wordpress.com)

Wisata menarik lainnya di kota lumajang ialah Goa Tetes wsata ini merupakan perpaduan antara Air Terjun dan Goa yang dimana goa tetes ini memiliki stalaktit dan stalagmite yang berwarna warni yang membuat goa ini terlihat menawan, tidak hanya itu tebing-tebing di goa tetes ini berlapis dengan belerang sehingga terlihat warna kuning keemasan yang unik dan keindahan goa ini berpadu dengan hijaunya lumut yang membuat goa ini terlihat alami dan mengesankan.

Alamat/Lokas Air Terjun Goa Tetes

Goa tetes ini berlokasi di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Indonesia. Yang terletak di perbatasan Lumajang dan malang.

7. Pantai Watu Godek Lumajang

Pantai Watu Godek Lumajang
Pantai Watu Godek Lumajang (via cepamagz.com)
Tempat wisata di lumajang yang menarik berikutnya ialah pantai watu godek, pantai ini terbilang cukup populer , keindahan pemandangan laut dan bebatuan yang berdiri kokoh membuat pantai ini terlihat eksotis, tak heran jika banyak para wisatawan yang berfoto-foto di tempat wisata ini, selaain itu di area wisata ini terdapat rimbunan pohon pandan laut yang berjejer di pinggiran pantai,yang sering digunakan sebagai tempat bersantai sembari menikmati indahnya gulungan ombak yang menerjang batu karang,
Asal Usul nama pantai watu godek, nama watu godek ini memiliki arti yaitu watu (batu) dan Godek (bergoyang) menurut kisah nama tersebut diambil dari sebuah kejadian alam yaitu batu raksasa yang menjulang tinggi dipinggir pantai tersebut bergoyang dikarenakan besarnya terjangan ombak, dan hal itulah yang menjadi alasan terciptanya nama tersebut.

Lokasi Pantai Watu Godek

Wisata ini berlokasi di kabupaten lumajang tepatnya di kecamatan sempusari, akses menuju lokasi tidak terlalu sulit , dari kota lumajang ada ambil jalur ke selata yaitu arak ke pasirian , dari pasirian anda lanjutkan menuju arah Kecamatan tempursari yang mana anda akan melewati pinngi pesisir pantai selatan ikuti jalan terus hingga sampai di pantai watu godek.

8. Pantai Watu Pecak

Wisata Lumajang
Wisata Lumajang (pantai watu pecak)
Wisata yang menarik lainnya di kota lumajang ialah Pantai watu Pecak, yang mana lokasi wisata ini berdekatan dengan Pantai Bambang, pantai ini memiliki ombak yang terbilang cukup ganas so..berhati-hatilah jika bermain air di pinggiran pantai ini, namun meski demikian pantai ini memiliki pemandangan yang indah yang patut untuk anda sambangi.

Lokasi dan akses menuju pantai watu pecak

Pantai ini berlokasi di kecamata pasirian tepatnya di desa selok awar-awar, jawa timur Indonesia.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tempat wisata di lumajang yang menarik untuk ada kunjungi, seiring dengan berkembangnya dunia wisata di lumajang maka matajatim akan melakukan update pada info wisata ini, jika anda punya saran tentang wisata lainnya yang tidak tercantum di atas bisa anda tulis komentar di bawah ini..
Semoga bisa bermanfaat sebagai referensi berwisata anda.., sampai jumpa

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata di Lumajang Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi"

Posting Komentar