Gunung Puntang Bandung, Berkemah ditengah Indahnya Alam

 Gunung Puntang ahir-ahir ini menjadi salah satu obyek wisata di bandung yang  banyak digemari para wisatawan, awalnya gunung puntang ini hanya digunakan sebagai tempat berkemah namun seiringnya perkembangan dan banyaknya foto-foto yang bertebaran di dunia maya akan keindahan alam di gunung pontang ini, kian hari kian banyak orang yang datang hanya untuk sekedar berlibur di wisata Gunung Puntang ini.
Perkemahan Gunung Puntang Bandung (via achyar89.wordpress.com)


Gunung yang memiliki ketinggian 1300mdpl ini sangatlah cocok untuk liburan ahir pekan bersama teman-teman maupun keluarga, banyak kegiatan mengasyikkan yang bisa anda nikmati di gunung puntag, berpetualang menyusuri indahnya alam gunung puntang merupakan hal menarik yang banyak dilakukan para pengunjung di gunung ini, hijaunya pepohonon dan udara yang sejuk akan membuat perjalanan anda terasa nyaman , dengan keindahan yang menawan tidak heran jika anda akan banyak menemui para pecinta alam yang mendaki dan berkemah di Gunung Puntang tersebut.

Tempat Wisata di Bandung Lainnya : Tebing Keraton Bandung, Sambut Pagi di ketinggian 1200mdpl

Aktivitas Menarik di Gunung Puntang

Gunung puntang di bandung ini jugu dijadikan tempat favorite para pecinta sepeda gunung, jangan heran jika anda banyak menyumpai para pe-sepeda yang melintas di gunung ini, hal tersebut karna memang area gunung puntang ini sangat bagus untuk melatih bersepeda gunung. Nah bagi anda yang hoby nih dengan olahraga sepeda gunung coba deh di gunung puntang ini, jalur bersepeda juga terbilang ekstrim, naik turun dan yang pasti akan memacu adrenalin anda. Namun jika anda tidak menyukai hal tersebut anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar kaki pegunungan sembari menikmati indahnya alam dan sejuknya hawa dipegunungan ini, dan jangan lupa nih bawa camera karna di gunung puntang ini anda akan banyak menemui tempat-tempat yang super eksotis yang berada di sekitar kawasan gunung tersebut.
www.kompasiana.com
keindahan sepanjang perjalanan ke gunung puntang  (via www.kompasiana.com)

Lokasi Gunung Puntang

Gunung yang tampil menawan ini berlokasi di kota Badung, Tepatnya di Desa Cimaung, sekitar 40Km dari pusat kota bandung, wisata ini juga termasuk dalam gugusan Gunung Malabar.

Akses ke lokasi Gunung Puntang

keindahan alam gunung puntang bandung
Bagi anda yang ingin berkunjung ke wisata Gunung Puntang ini , anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan melewati jalur Told an keluar dari pintu Tol Soreang, yang dilanjutkan ke Desa Cimaung, jalur lainnya yang bisa anda tempuh ialah keluat dari Pintu Tol Buah batu dan menuju Banjaran terlebih dahulu, lalu ambih arah yang ke Cimaung.
Jika anda menggunakan kendaraan umum , anda bisa mengambil angkot jurusan akhir Soreang atau Dayeut Kolot, lalu anda lanjutkan naik angkutan lokal yang menuju kea rah Cimaung, tariff angkot lokal biasanya berkisar antara 7500-10000, yang memakan waktu tempuh 30menit dari terminal Dayeuh Kolot atau Terminal Soreang.

Tempat Wisata Lainnya: Kecantikan danau tersembunyi “Sanghyang Heuleut” Bandung

Tiket Masuk Wisata Gunung Puntang Bandung

Menikmati indahnya suasana Gunung Puntang ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.10.000, jika membawa kendaraan pribadi anda akan di kenaka biaya tambahan Rp, 3.000-15.000, tergantung dari kendaraan.
Sesampainya anda di area gunung puntang anda akan disambut dengan suara Gemercik Air segar dengan pemandangan pepohonan hijau yang tinggi dan rindang akan membuat anda terlena akan keindahan alam ditambah lagi dengan hawa sejuk khas pegunungan yang secara perlahan membelai kulit yang akan membuat anda terasa rilek dan betah berada di Gunung Puntang tersebut.
Selain keindahan alam pegunungan di tempat ini juga terdapat Air Terjun yang banyak dikunjungi para wisatawan ketika berlibur di Gunung Putung tersebut, air terjun yang terlihat eksotis dan menyegarkan tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Siliwangi, namun lokasi air terjun siliwangi ini terbilang cukup jauh yaitu sekitar 40Km dari areal parkir kendaraan, namun meski lokasinya jauh tidak sedikit juga para wisatawan yang sampai di lokasi air terjun tersebut.

Sejarah Gunung Puntang

Gunung yang memiliki keindahan yang menawan ini juga punya nilai sejarah yaitu keberadaan gunung puntang ini konon pada zaman penjajahan merupakan jalur komunikasi yang strategis, pada tahun 1923 pernah dibangun stasiun Radio yang mana dikala itu menjadi Stasiun Radio Terbesar di Dunia, karena letak yang strategis pancaran radio tersebut bisa terdengar hingga ke Negeri Belanda. Keberadaan stasiun radio pada masa penjajahan belanda ini diperkuat dengan adanya sumber pembangkit listrik yang ada di Daerah Dago, Dayeuh Kolot dan Pangalengan.
Demikianlah sedikit informasi tentang wisata Gunung Puntang Bandung, semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Gunung Puntang Bandung, Berkemah ditengah Indahnya Alam"

Posting Komentar