Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Mencari Tempat Wisata di Jogja tidaklah sulit, karena kota jogja ini memang terkenal dengan pariwisatanya yang kian hari makin mengalami banyak kemajuan, banyaknya Obyek wisata wisata baru dijogja yang bermunculan membuat kota ini menjadi tempat tujuan yang pass buat mengisi liburan anda.

Tempat Wisata Di Jogja
Tempat Wisata Di Jogja (via idmice.com)
Selain dunia pariwisatanya yang mendunia jogja juga dikenal dengan kretivitas pembuatan batiknya yang bagus dan bermotif unik yang menjadi andalan cenderamata para wisatawan yang berlibut ke kota jogja, jika sobat hobi traveling atau liburan maka sangat disayangkan jika belum menginjakkan kaki di kota jogja ini. salah satu obyek wisata dijogja yang populer dan selalu ramai dengan kunjungan para wisatawan ialah Malioboro, namun selain itu masih banyak tempat-tempat indah yang bisa anda explore di kota ini, karna itulah dikesempatan kali ini matajatim akan membagikan tempat-tempat wisata yang spektakuler sebagai referensi  berwisata anda,,,namun sebelumnya mari kita kenal lebih dekat tentang Kota Jogja..

Keistimewaan Kota Jogja

Selain dikenal dengan aneka wisatanya yang menakjubkan kota jogja ini juga menjadi banyak tujuan para pelajar untuk melanjutkan pendidikannya karna memang kota ini dikenal dengan Kota Pelajar, dan masih banyak kelebihan lainnya yang akan membuat anda ingin menginjakkan kaki di kota ini , antara lain:

  • Kota jogja ini memiliki banyak nama panggilan yaitu Kota pelajar, Kota Buku, Kota Republik, Kota Pariwisata, Kota Keraton, Kota Tandus, Kota Menoreh, The jewel of java, Kota Pasar Tradisional, Kota Batik, dan Kota Mbah marijan
  • Tokoh-tokoh besar banyak terlahir dari kota jogja ini seperti: Presiden Soeharto, Presiden Megawati, Wapres Boediono, Pelukis Afandi dan mash banyak lainnya..
  • Kota Jogja merupakan tempat kelahiran organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu Mohammadiyah, dan juga tempat lahirnya taman siswa.
  • Kota jogja juga ditempati Istaa Presiden tepatnya di jalan Ahmad Yani Yogyakarta.
  • Kota jogja juga pernah menjadi ibukota republic Negara Indonesia setelah belanda dan para sekutunya melancarkan serangannya ke Indonesia, dikala itu pemerintah Indonesia memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 4 januari 1946, yang tak lain karena semua rakyat pada waktu itu di kendalikan oleh  Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan selain itu karena jogja tepat berada di jantung pulau jawa yang dikelilingi oleh benteng alam yaitu Gunung Merapi di utara dan samudera hindia di selatan, yang membuat kota ini tidak mudah ditaklukkan.
Itulah beberapa kelebihan Kota Jogja yang kami rangkum dari berbagai sumber, kembali ke topic judul artikel kali ini yaitu tentang tempat-tempat wisata yang menarik di kota jogja yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta.

Inilah tempat wisata spektakuler di kota Yogyakarta.

1. Candi Prambanan Jogja

Wista di Jogja (candi Prambanan)
Wista di Jogja (candi Prambanan) via telusurindonesia.com
Candi Prambanan merupakan salah satu obyek wisata yang fenomenal dikota Yogyakarta, tidak lengkap rasanya berlibur ke jogja jika tidak singgah di Candi Prambanan ini. candi ini merupakan komplek Candi Hindu terbesar di Indonesia yang satu satunya memiliki relief yang diukir mengelilingi candi yang berisikan kisah Ramayana dan Krisnayana. Candi prambanan ini memiliki #vcandi utama yang berada di halaman utamanya, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa yang merupakan lambing dari Trimurti dalam kepercayaan umat hindu, ketiga candi itu berdiri kokoh dan menghadap ke timur dan setiap candi utama memiliki candi pendamping yang menghadap ke barat adapun candi pendampingnya ialah Namdini Untuk Siwa, Garuda untuk Wisnu dan Angsa untuk Brahma, selain itu masih ada 2 candi apit , 4 candi kelir dan empat candi sudut, sementara ntuk halaman ke dua memiliki 224 candi.
C.A. Lons merupakan salah satu orang  belanda yang pernah mengunjungi Candi Prambanan dan yang menjadikan Candi Prambanan ini dikenal oleh dunia  yang hingga kini menjadi obyek wisata di jogja yang favorit.

Lokasi Candi Prambanan Jogja

Lokasi Candi Prambanan sangatlah mudah ditemukan , jika anda dari Yogyakarta anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, yang berjarak kurang lebih 30Km kea rah timur , dari pusat kota jogja anda bisa langsung menuju Jl.Solo lajutkan terus hingga sampai di Gapura batas provinsi Jawa tengah, dari batas kota Candi tersebut lokasi sudah dekat , lanjut kedepan sedikit kutang lebihnya 500meter hingga sampai di pertigaan lampu merah pertama setelah gapura batas kota, nah disitulah tepatnya pintu masuk ke Candi Prambanan.

2. Candi Borobudur

Obyek Wisata di Jogja (Candi Borobudur)
Obyek Wisata di Jogja (Candi Borobudur) via antarajateng.com
Tempat wisata selajutnya ialah Candi Borobudur, candi ini merupakan sebuah Candi Buddha  yang terbesar di dunia, untuk berkunjung ke candi Borobudur ini anda harus menggunakan sarung yang tersedia di pintu masuk candi Borobudur, karna memang candi ini merupakan sebuah Monumen Model dari alam semesta dan merupakan tempat suci, candi Borobudur di jogja ini memiliki relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Candi Borobudur ini memiliki keistimewaan yaitu tidak seperti candi-candi lainnya yang keberadaannya dibangun diatas tanah, candi ini berada di atas bukit dengan ketinggian 265m (689ft) dari permukaan laut dan 15 m (49 ft) di atas dasar danau purba yang telah mengering.[18] Keberadaan danau purba ini menjadi bahan perdebatan yang hangat di kalangan arkeolog pada abad ke-20; dan menimbulkan dugaan bahwa Borobudur dibangun di tepi atau bahkan di tengah danau. (ref Wikipedia.org)

Lokasi Candi Borobudur

Lokasi candi ini terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah , Indonesia, jika dari dari Yogyakarta berjarak 40Km sebelah barat laut jogja.

3. Pantai Parang Tritis

Wisata Faforit di Jogja (pantai parangtritis)
Wisata Faforit di Jogja (pantai parangtritis) via pegipegi.com
Wisata di Jogja yang populer lainnya ialah Pantai Parang Tritis, keindahan pantai ini sangatlah disukai para wisatawan lokal maupun asing, banyak hal menarik yang bisa anda nikmati di wisata pantai ini seperti Delman, Kereta Kuda , Atv yang bisa digunakan untuk menyusuri indahnya pantai tersebut, selain itu anda juga bisa menyaksikan indahnya panorama laut lepas dari atas tebing yang letaknya berada di belakang pantai parangtritis ini, dan hal yang paling digemari para wisatawan yaitu menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari yang cukup memikat dan sayang sekali  jika anda lewatkan ketika berlibur ke pantai ini.

Lokas Pantai Parangtritis

Pantai cantik ini berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten bantul, Yogyakarta , Indonesia. Kurang lebihnya 27 Km dari pusat kota, lokasinya juga sangatlah mudah dijangkau, bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

4. Goa Jomblang, Tempat  Wisata di Jogja yang  Fenomenal


Wisata Populer di Jogja
Wisata Populer di Jogja (goa jomblang)
Wisata goa jomblang ini menyuguhkan keindahan alam yang menantang, bagi yang suka berpetualang dan menguji andrenalin maka berlibur ke goa jomblang ini merupaka pilihan yang pass buat anda , goa joblang di gunung kidul ini telah diakui oleh dunia  internasional sebagai area uji adrenalin hal tersebut terbukti pada tahun 2011 silam dimana goa jomblang ini dipakai untuk salah satu rute pada even ”Amazing race America”. Wow.,keren kan..so, jangan siasiakan wsata yang  satu ini ketika berlibur ke jogja.
Selain dikenal dengan wisata uji adrenalin, goa jomblang ini juga dikenal dengan sebutan Cahaya Surga yang mana sebuah cahaya yang menyerupai  tiang menerobos dalam goa melalui luweng grubung/mulut goa dari ketinggian 90meter yang meciptakan pemandangan yang begitu mengagumkan dan hal tersebut dikenal dengan “percikan cahaya surga”

Lokasi Goa Jomblang

Goa yang fenomenal ini berlokasi di Kabupaten Gunung kidul tepatnya di padukuhan jetis wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semaru, Yogyakarta, Indonesia.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (via tourjogjamasjo.com)
Keraton Yogyakarta merupakan salah satu  tempat wisata di jogja yang populer dan ramai dengan kunjungan para wisatawan, kraton Yogyakarta ini juga dikenal dengan julukan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang mana keraton ini kental dengan warisan budaya jawa yang mengagumkan yang bisa anda temui disekitar dan dalam keraton sendiri, gambaran kesederhanaan budaya dan tentang keindahan tanah jawa semua akan terwakilkan dalam satu tempat yang menarik dan mengagumkan ini. keraton ini juga banyak menyimpan tentang ragam kesenian, pakaian adat, bentuk rumah jawa dan hasil budaya jawa yang indah dan disertai dengan supelnya orang jawa dalam bersapa dengan para pengunjung disana. Berwisata ke keraton jogja ini akan memberikan pengalaman berwisata anda berkesan dan menyenangkan dan tentunya menambah wawasan dalam hal budaya jawa di Indonesia.

Lokasi Wisata Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini berlokasi persis di pusat Kota Jogjakarta, tidaklah sulit untuk menemukan obyek wisata  ini . jika menggunakan transportasi umum anda bisa menaiki Bus Trans Jogja dengan rute 1A, 1B, 2A, 2B atau 3A, lalu turun di Halte Kantor Pos Besar atau Halte Ahmad Yani. Setelah itu, anda lanjutkan berjalan sebentar menuju Alun-alun Utara dan Keraton Yogyakarta.

Tempat Wisata Menarik Lainnya: Tempat Wisata di Situbondo yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

6. Air Terjun Sri Gethuk

 
Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Jogja
Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Jogja (via wisatakejogja.wordpress.com)

Tempat Wisata di jogja selanjutnya yang menarik untuk anda kunjungi ialah wisata Air Terjun Sri Gethuk, wisata ini menyuguhkan keindahan air yang terjun bebas yang membelah tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan pemandangan hijau rimbunan pepohonan yang akan membuat anda betah dan serasa tak ingin beranjak pergi dari tempat ini, uniknya air terjun Sri Gethuk ini tidak mengenal musim , jadi baik hujan maupun kemarau air terjun ini selalu tampil menawan, selain itu di sepanjang perjalanan menuju wisata ini anda akan menjumpai pemandangan istimewa yang sangat disayangkan jika tidak diabadikan..so, siapkan cameramu saat berlibur ke wisata Air Terjun sri Gethuk ini.

Lokasi Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini berlokasi di Dusun Manggoran, Desa Bleberan , Kecamatan Playen , Kabupaten gunung Kidul , Yogyakarta, Indonesia.

7. Wisata Cave Tubing Goa Pindul Yogyakarta

 
Menyusuri indahnya Goa Pindul di jogja
Menyusuri indahnya Goa Pindul di jogja (via initempatwisata.com)

Bagi anda yang suka berpetualang Cave Tubing maka wisata yang satu ini perlu  anda coba , Goa pindul ini terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun sehingga membentuk sebuah Gua dan Sungai indah Dalam Tanah yang bisa anda nikmati dengan cara menyusuri goa atau hanya menikmati indahnya sungai bawah tanah dengan memilih paket body rafting, Goa pindul ini merupakan wisata populer dan ramai dikunjungi wisatawan tiapharinya, banyak yang menyebut wisata ini sebagai surga tersembunyi di Gunung kidul, so..sangat disayangkan jika anda melewati wisata ini saat berlibur ke Yogyakarta.

Lokasi Wisata Goa Pindul

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul. (via http://goapindul.com)

8. Kereta Gantung Pantai Timang

Keindahan Pantai Timang di Yogyakarta
Keindahan Pantai Timang di Yogyakarta
Wisata di Jogja selanjutnya yang bisa ada kunjungi ialah Pantai timang, pantai timang ini merupakan wisata pantai yang unik dan mungkin tidak akan anda jumpai di tempat lainnya, panorama pantai ini sama dengan pantai-pantai lainnya yang berombak besar, tebing curam dan keindahan batu karang, namun ada hal yang istimewa yang bisa anda saksikan dan juga rasakan di pantai ini yaitu adanya kereta gantung yang terbilang cukup extrim yang bisa anda coba saat berwisata ke pantai ini.
Menaiki Kereta gantung pantai timang, yang menghubungkan pantai timang dengan pulau panjang ini akan memberikan kesan special bagi anda, dimana kereta gantung ini dibuat secara tradisional yang berbahan tali tambang dan tanpa fasilitas keamanan, kereta gantung ini biasa digunakan oleh para nelayan setempat sebagai sarana untuk menyebrang ke pulau panjang untuk berburu lobster, jadi bagi sobat yang ingin menguji nyali dengan menaiki kereta gantung tradisional ini maka datanglah ke pantai timang, di kereta ini anda akan bergelantungan diatas ganasnya ombak pantai selatan yang akan menerjang kereta dan mungkin sobat juga terkena gempurandikala ombak sedang besar, namun hal itu amat mengasyikkan bagi anda yang menyukai tantangan.

Alamat pantai Timang

Pantai timang ini berlokasi di Yogyakarta tepatnya di desa purwodadi, tepus, gunung kidul, Indonesia, jika dari pusat kota Yogyakarta perjalanan ditempuh kuranglebihnya 3jam.

9. Pantai Kukup Gunung Kidul

Obyek wisata di yogyakarta (pantai Kukup)
Obyek wisata di yogyakarta (pantai Kukup) via wisatanesia.co
Wisata Pantai Kukup ini juaga merupakan obyek wisata populer di jogja yang memiliki keistimewaan tersendiri disbanding dengan pantai-pantai lainnya, yaitu perpaduan antara pasir dan batu dipantai ini yang mana diarea pantainya berpasir putih dan di area pantai yang terkena ombak merupakan bebatuan besar yang seolah menahan ombak dan melindungi indahnya pasir pantai tersebut. Bermain dipinggiran pantai dan berenang memrupakan hal menarik yang banyak dilakukan para wisatawan.

Lokasi pantai Kukup

Pantai Kukup ini Berlokasi di kabupaten gunung kidul tepatnya di desa kamadang , kecamatan tanjungsay, Yogyakarta, Indonesia.

Obyek Wisata Menarik lainnya: Tempat Wisata di Jember yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

10. Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

keindahan pantai wedi ombo jogja
keindahan pantai wedi ombo jogja (via pegipegi.com)
Wisata yang satu ini memrupakan obyek wisata di jogja yang belum begitu populer jika dibandingkan dengan wisata lainnya di jogja seperti pantai parangtritis atau pantai indramayu, namun pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menarik para pengunjungnya untuk singgah di wisata tersebut.
Pantai Watu Ombo ini memiki batu batu karang yang berbentuk unik yang merupakan obyek selfi yang digemari para pengunjung, dengan statusnya yang masih belum populer dan masih jarang yang menjamahnya membuat wisata ini bernuansa tenang. Selain keindahan pantai di wisata ini anda juga bisa menikmati segarnya kolam renang alami yang berwarna hijau kebiruan yang terbentuk dari hempasan air laut yang menerjang masuk ke daratan dan terjebak diantara batu karang sehingga terbentuklah kolam alami wedi ombo.

Lokasi Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo ini Berlokasi di DesaJepitu, Girisubo, 3Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.
Demikianlah Informasi Tentang Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Untuk Anda Kunjungi, Semoga bermanfaat sebagai referensi berwsata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Untuk Anda Kunjungi"

Posting Komentar