Tempat Wisata di Situbondo yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Kota Situbondo merupakan salah satu kota yang berlokasi di provinsi jawa timur yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sangat disayangkan jika anda tidak mengunjunginya dikala berlibur ke kota situbondo, selain dikenal dengan tempat wisatanya kota ini juga dikenal dengan beragam hasil bumi seperti Tebu, Mangga, dan Tembakau, namun di posting kali ini matajatim akan berbagi tempat-tempat wisata di situbondo yang populer dan menarik untuk anda kunjungi, namun sebelum itu mari kita ketahui lebih jauh tentang kota situbondo.

Tempat Wisata yang Menarik di Kota Situbondo
Tempat Wisata yang Menarik di Kota Situbondo

Asal Nama Situbondo.

Menurut pendapat yang kami tangkap dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada dua pendapat yang menjelskan tentang asal usul nama Situbondo:
1.    Situbondo merupakan nama asal pangeran Madura yang bernama Aryo Gajah Situbondo yang makamnya ditemukan di wilayah kota situbondo
2.    Situbondo yaitu berasal dari kata siti dan bondo, yang berarti tanah yang mengikat itu berarti daerah ini menarik setiap pendatang untuk menetap dikota tersebut.
Kota Situbondo berlokasi didaeah pesisis utara pulau jawa, tepatnya di kawasan Tapal Kuda yang dikelilingi oleh kebun tembakau, hutan dan tebu , pelabuhan disitubondo yaitu Pelabuhan Penarukan yang terletak di bagian timur dari jalan raya pos anyer panarukan di pulau jawa, pelabuhan ini dibangun oleh Daendels pada masa colonial belanda, kabupaten situbondo ini juga memiliki banyak tempat wisata yang ramai dan populer tentunya sangat rekomended untuk berlibur anda, inilah.. daftar obyek wisata di kota situbondo..

1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai pasir putih merupakan objek wisata di situbondo yang populer dan banyak digemari para wisatawan local maupun luar, dengan suguhan keindahan pantai yang menawan dan lokasi yang terbilang sangat strategis yaitu jalur utama jawa dan bali, tidak heran jika banyak para wisatawan yang bertujuan ke pulau bali singgah ditempat pantai cantik ini.
Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo (via situbondokab.go.id)

Aktivitas menarik di pantai pasir putih situbondo

Menginjakkan kaki di pantai yang cantik ini anda akan dimanjakan dengan keindahan panorama laut dengan ombak yang terbilang cukup tenang dengan pemandangan perahu layar yang membuat pandangan anda akan terpukau dan ingin segera menyusuri pantai tersebut.
Berenang dan menaiki perahu layar menyusuri keindahan pantai ini merupakan hal yang banyak disukai para wisatawan, anda bisa menyaksikan keindahan terumbu karang warna warni yang dihiasi dengan ragam jenis ikan cantik yang berkeliaran ,sungguh pemandagan bawah laut yang menakjubkan , selain itu anda juga bisa Berkano, Memancing, Menelam(snorkeling), atau hanya sekedar bersantai di pinggiran pantai sembari menikmati  sajian macam masakan kuliner khas bondowoso  yang mampu menggoyang lidah anda.

Lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo

Obyek wisata pantai pasir putih ini berlokasi di dusun kembangsari, Desa pasr putih, Kecamatan Bingatan, Kabupaten situbondo, jawa timur, Indonesia, akses ke lokasi terbilang sagat mudah karna memang lokasi berada di pinggir jalan untama yang bisa anda tempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi, jika dari kota Surabaya rute yang dilalui Surabaya-gempol-pasuruan-probolinggo-paiton-pasir putih situbondo, jika menggunakan Bus ke wisata ini memakan waktu kisaran 4jamperjalanan tanpa macet.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasonal Baluran
Taman Nasonal Baluran (myhotelmyresort.com)
Wisata yang berikutnya ialah Taman Nasional Baluran, yang dikenal dengan tempat tinggal bagi aneka satwa dan tanaman, taman nasional baluran ini memiliki luas 25.000hektar dengan pemandangan yang indah yaitu padang rumput luas (savana), hutan , pantai, hutan mangrove, dan areal rawa yang bisa andaa nikmati di wisata tersebut.
Di wisata taman nasional baluran ini juga terdapat tempat-tempat menarik yang banyak digandrungi para wisatawan seperti Goa Peninggalan Jepang, Pantai Bama, ziarah ke makam putri maulana malik ibrohim, dan masih banyak tempat menarik lainnya, anda juga bisa snoekeling, bersepeda santai menyusuri indahnya taman, dan memancing. Untuk harga tiket masuk menuju wisata ini relative murah yaitu Rp.5000/orang untuk domestic Rp.150rb/orang.

Lokasi Wisata Taman  Nasional Baluran

Taman baluran ini berlokasi di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55'17.76"S dan 114°23'15.27"E. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan. (by . Wikipedia).

Tempat Wisata Menarik lainnya: Tempat Wisata di Bondowoso Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

3. Pantai Pathek Situbondo

Tempat Wisata Di Situbondo (pantai pathek via vacation88.blogspot.com)

Pantai pathek juga menupakan salah satu obyek wisata yang populer dan banyak di sukai para wisatawan, pantai ini terbilang cukup alami, keindahan alam dan sejuknya suasana diwisata ini membuat para pengunjung betah, apalagi dengan dengan suguhan keindahan bawah laut yang cantik dan pemandangan sunset yang selalu dinantikan oleh para pengunjungnya membuat wisata ini layak menjadi tempat wisata pantai di situbondo yang layak untuk anda kunjungi.
Berenang merupakan hal menarik yang patut anda coba diwisata ini , dengan ombak yang tidak terlalu kencang yang disertai dengan pemandangan hijaunya pepohonan membuat wisata ini sagat pass untuk berlibur keluarga, setelah anda berenang anda juga bisa menikmati gurihnya aneka hidangan yang berlokasi di area pinggiran pantai yang memiliki banyak gazebo view ke pantai yang bisa anda nikmati di pantai pathek tersebut.

Lokasi Pantai Pathek Situbondo

Lokasi Pantai ini ada di Desa Gelung, Kecamatan Penarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
Pantai Bama Situbondo.

4. Pantai Bama Situbondo 

Obyek Wisata Situbondo
Obyek Wisata Situbondo (pantai bama via travel.detik.com)
Wisata Pantai Di Situbondo Berikutnya yang cukup populer ialah Pantai Bama, Meskipun tidak se ramai pantai pasir putih , namun wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang mampu menarik puluhan hingga ratusan wisatawan tiap harinya, selain menyaksikan indahnya pantai diwisata ini jika beruntung anda juga bisa melihat gerombolan rusa dan  kawanan kera  yang sedang asyik bercanda gurau diwisata ini, so..jangan lupa bawalah camera buat menangkap fenomena-fenomena unik tersebut.
Pemandangan bawah laut di pantai Bama ini juga sangatlah indah anda bisa menemukan banyaknya terumbu karang warna-warni yang indah dan ragam ikan cantik yang bisa anda saksikan dengan melakukan snorkeling di panyai tersebut, ombak yang sangat tenang akan membuat petualangan bawah laut anda menyenangkan.

Lokasi Pantai Bama

Pantai yang bernuansa hening nan undah ini berlokasi di Kawasan Taman Nasional Baluran, dan taman baluran sendiri terletak di kawasan Situbondo dan Banyuwangi, jika andaa pernah berkunjung ke Taman Savana Bengkol Baluran yang dijuluki dengan Afrikanya Indonesia maka dari lokasi tersebut anda hanya membutuhkan jarak tempuh 4km dari Savana Bengkol, tepatnya di Kecamatan Banyu Putih, Situbondo.

5. Wisata Air Terjun Setancak Situbondo

 
wisata situbondo (air terjun setancak)
Wisata Situbondo (air terjun setancak via ivandesolzon.blogspot.com)

Tempat wisata menarik lainnya yang layak untuk anda kunjungi di situbondo ialah Wisata Air Terjun Setancak, wisata ini menyuguhkan keindahan alam dengan pemandangan Air Terjun  dan hijaunya rimbunan pepohonan yang terlihat eksotis dan manmpu menyejukkan mata.
Nama Air Terjun ini diambil dari bahasa Madura yaitu Tancak yang artinya ialah air yang memancar, dan air terjun ini menurut warga sekitar keluar dari dalam tanah secara tiba-tiba. Air terjun setancak ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 10meter, uniknya diwisata ini anda akan menyaksikan banyaknya burung wallet yang berterbangan di samping Air Terjun tersebut.

Lokasi wisata Air Terjun Setancak

Wisata air terjun yang cantik ini berlokasi di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus , Jawa Timur, Indonesia.

6. Perkebunan Kopi Kayumas Situbondo

 
Wisata di Situbondo (kebun kopi kayu mas
Wisata di Situbondo (kebun kopi kayu mas via panoramio.com)

Wisata di situbondo yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang bernuasa perkebunan Kopi yang berada di bawah pengelolaan PTPN XII yang merupakan penyumbang komoditas Kopi Arabika dan Kopi luak yang kini fenomenal dikalangan pecinta kopi, dan merk tersebut menjadi satu produk unggulan mereka.
Perkebunan kopi kayumas ini menjadi salah satu obyek wisata di situbondo yang digandrungi oleh wisatawan yang gemar dengan petualangan alam, banyak tempat-tempat yang menakjubkan yang akan anda temui saat menyusuri wisata kebun kopi tersebut dan jangan sampi dilewatkan kelezatan Kopi Khas banyumas di tempat tersebut.

Lokasi perkebunan kopi kayumas

Perkebunan kopi ini berlokasi di Kota situbondo tepatnya di Kecamatan Arjasa , jika dari pusat kota situbondo berjarak 47km, kebun indah ini berada di ketinggian 1550mdpl, dengan suasana yang sejuk khas pegunungan.

Tempat Wisata Menarik Lainnya: Tempat Wisata di Lumajang Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

7. Kolam Renang Tirta Pandawa

Berwisata ke situbondo (kolam renang tirta padawa)
Berwisata ke situbondo (kolam renang tirta padawa)
Bagi anda yang suka berenang maka jangan lewatkan wisata yang satu ini ketika berlibur ke Kota Situbondo, wisata pemandian ini sangat digemari dan populer di kota stubondo , wisata ini menyuguhkan dua kolam renang dengan tingkat kedalaman uyang berbeda diantaranya kolam sedang dengan kedalaman 50cm yang bisa digunakan untuk , kolam ke dua berkedalaman 125cm hingga 175cm yang dikhususkan untuk dewasa, selain berenang para wisatawan juga bisa menikmati wahana yang tersedia di setiap kolam, 3sliding untuk kolam dewasa dan Ember air (water bucket) yang tersedia di kolam anak-anak, berwisata keluarga ke Kolam Renang Tirta Padawa ini sangat mengasyikkan yang mampu membuat buah hati anda senang.

Lokasi Pemandian Tirta Pandawa

Kolam renang ini berlokasi di jln. PB Sudirman, Patokan, kabupaten Situbondo, jawa Timur, Indonesia.

8. Wisata Padang Rumput Sikasur Situbondo

 
Wisata Menarik Kota Situbondo ( Padang runput sikasur)
Wisata Menarik Kota Situbondo ( Padang runput sikasur)

Tempat wisata terahir di situbondo yang menarik dan layak untuk anda kunjungi ialah padang Rumput Sikasur, wisata ini menyuguhkan keindahan hamparan hijau padang rumput yang asri, dan sejuk dengan view pegunungan yang indah yang mampu membuat pengunjungnya terpana seolah tak rela meninggalkannya, tidak heran jika banyak para pengunjung yang berkemah di tempat ini untuk menikmati suasana alam yang indah, dikawasan wsata ini juga terdapat sebuah danau yang dikenal dengan danau Sitanjung yang bisa anda nikmati .

Lokasi Padang rumput Sikasur

Wisata ini berlokasi di antara Gunung Argopuro dan Puncak Rengganis, tepatnya di Desa  baderan Kecamatan Sumbermalang, situbondo, Jawa timur, Indonesia, jika dari Besuki kurang lebihnya 18km mencapai wisata tersebut.

baca Juga: Tempat Wisata di Jember yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

Selesai menyusuri indahnya wisata kota situbondo, Rasakan Juga hidangan kuliner situbondo yang lezat dan patut untuk anda santap.

Rujak Petis situbondo

Kuliner Situbondo (rujak petis)
Kuliner Situbondo (rujak petis)
Berkunjung ke situbondo rasanya kurang pass jika anda tidak mencicipi Rujak Petis Khas Situbondo. Rujak petis ini berbahan manga muda yang diris, bengkoang dan kedongdong dan bumbu lainnya, uniknya yang membuat rujak ini mantap ialah adanya pisang muda dan juga petis udang yang menambah kenikmatan rasa hidangan tersebut, harga juga terjangkau kisaran Rp.7000-10000, anda bisa menemukan hidangan ini dengan mudah di kawasan kota situbondo atau di area pasar tradisional situbondo.

Nasi Kaldu Khas Situbondo

Nasi Kaldu Khas Situbondo
Nasi Kaldu Khas Situbondo
Masakan kuliner yang berikutnya ialah Nasi Kaldu khas Situbondo, ciri khas dari nasi kaldu ini yaitu memiliki kuah yang berwarna agak kecoklatan dan kental , sajian nsai kalsu ini ditambah dengan kerupuk yang rasanya mampu menggetarkan lidah, cukup 12.500 anda sudah bisa menikmati nasi kaldu khas situbondo ini, murah kan..
Demikianlah sedikit informasi tentang Tempat Wisata Di Kota Situbondo yang menakrik dan layak untuk anda kunjungi, semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata di Situbondo yang Menarik Untuk Anda Kunjungi"

Posting Komentar