Umbul Manten Klaten, Obyek Wisata Populer di Jawa Tengah

Umbul Manten Klaten, Merupakan salah satu obyek wisata di jawa tengah yang sedang naik daun di dunia pariwisata khususnya di klaten, wisata baru ini memang tidaklah sepopuler Umbul Ponggok yang memang keberadaannya sudah lebih lama, namun Umbul Manten ini tidak kalah menariknya pesona segar dengan air sebening kaca mampu menghipnotis para pengunjungnya untuk segera menceburkan diri di pemandian tersebut.
Umbul Manten Klaten
Umbul Manten Klaten (via citizen6.liputan6.com)

Singkat Cerita Umbul Manten

Umbul manten yang sekarang buming ini dulunya hanyalah sebuah sumber yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai budidaya ikan tawar, pengairan lahan pertanian, dan sebagai sarana kebutuhan masyarakat setempat, namun kini Umbul Manten Klaten ini digarap secara professional dan menjadi salah satu tempat wisata yang di favoritkan di Klaten, Jawa Barat.
Nama umbul manten memiliki sebuah arti Pengantin jika dalam bahasa Indonesia, knapa dinamakan Umbul Klaten? Karena pada jaman dahulu kala menurut cerita para warga setempat, Umbul atau Sumber tersebut sering digunakan untuk prosesi siraman dalam pernikahan adat jawa.
Umbul Manten
Umbul Manten ( via https://www.instagram.com/p/BA1ILy8KfYU/)

Lokasi Umbul Maten

Pemandian yang tampil layaknya danau ini berlokasi di Dusun Janti , Kelurahan Janti , Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Barat, Indonesia, Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok jadi anda bisa sekaligus mebunjungi kedua wisata yang populer tersebut saat berlibur ke klaten.
Lokasi umbul manten ini sangatlah strategis dan mudah dijangkau..
Jika anda dari Yogyakarta anda bisa mulai dari pasar kembang, kota Yogyakarta anda ambil jalur jalan melewati Jl. Langensari dan Jl. Laksda Adisucipto lalu lajut hingga hingga melewati Jl. Raya Solo di Maguwoharjo,  dari jalan raya Solo tersebut anda ambil jalur ke Jl. Janti-Tegal Gondo, dari sinilah sudah dekat lokasi Umbul Manten, sesampai di jalan janti-Tegalgondo kisaran 6km perjalan anda akan sampai di Lokasi Mata Air Umbul Manten tersebut, jika anda kesulitan bisa bertaya ke masyrakat sekitar.

Tempat Wisata Menarik Lainnya : Gunung Puntang Bandung, Berkemah ditengah Indahnya Alam

Pesona Umbul Manten

Jernihnya Sumber Air wisata Umbul Manten
Jernihnya Sumber Air wisata Umbul Manten (via jpicnicblog.wordpress.com)
Dengan Lokasi yang berada di tengah rerimbunan pohon besar yang mengelilingi umbul Ini sehingga membuat Umbul Manten ini tampil catik dan menggoda siapa saja yang melihatnya, umbul manten ini tidaklah seluas Pemandian Umbul Ponggok, namun kejernihan air di umbul manten ini tidak kalah jernihnya, dengan kedalama sekitar 1,5meter, yang bagian dasarnya berupa bebatuan sehingga kejernihan air umbul klaten ini terjaga hingga kebagian dasar kolam. Kejernihan tersebutlah yang menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk berenang, segarnya air dan sejuknya Susana di umbul klaten ini akan membuat berenang anda menyenangkan dan ingin rasanya berlama-lama di dalam kolam tersebut.

Wisata Menarik di Klaten Lainnya : Pemandian Umbul Ponggok Klaten, Nikmati Selfi di Bawah Air yang mengesankan

Fasilitas Wisata Umbul Manten

Untuk fasilitas diwisata ini terbilang cukup lengkap, mulai dari kamar ganti , makanan dan minuman juga tersedia, parkir dan tempat tempat bersantai.

Legenda Umbul Manten Klaten

Menurut cerita rakyat konon sebelum dinamakan umbul manten yang saat ini menjadi tempat wisata, ada sepasang pengantin baru yang dilarang keluar dari rumahnya oleh orang tuanya diwaktu setelah magrib sebum 40 hari pernikahannya, yang maa hal tersebut merupakan mitos yag menjadi kebiasaan atau adat di kampong tersebut. Namun karena bosan ahirnya sepasang pengantin tersebut melaggar perintah orang tuaya dan keluar rumah menjelang magrib, dan sang suami berjala lebih dulu dari sang istri, dan saat mereka tiba di dekat pepohonan rindang tiba-tiba saat menoleh ke belakang  sang istri lenyap, dan begitu pula sang istri ketika melihat kedepan suaminya juga lenyap alias tidak kelihatan dari pandangan matanya, sampai kini lenyapnya pasangan tersebut tidak ditemukan , karna itulah Umbul tersebut dinamakan umbul manten (ref. blog.reservasi.com)
Demikianlah Informasi tentang Wisata Umbul Manten Klaten, Jawa Tengah, Semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Umbul Manten Klaten, Obyek Wisata Populer di Jawa Tengah"

Posting Komentar