Wisata Unik di Magelang



Kabupaten Magelang telah menjadi kota yang terkenal akan Candi Borobudurnya. Candi yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO menjadi daya tarik utama wisatawan asing dan lokal. Para wisatawan luar daerah Magelang pun banyak yang mencari hotel di sekitar tempat wisata ini, yang paling terkenal di Traveloka. Namun, ternyata banyak wisata yang menarik dan unik lainnya yang ada di Magelang yang bisa anda kunjungi seperti beberapa tempat di bawah ini.

1. Ketep Pass

Ketep Pass berada 32 km dari Kota Magelang dengan total luas area sekitar 8.000 meter persegi, di Puncak Bukit Sawangan dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian suhu di lokasi terasa lebih sejuk.

Dari  Ketep Pass kita bisa melihat pemandangan lima buah gunung yang ada di Jawa Tengah seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet. Ketep Pass selain menyuguhkan pemandangan alam juga terdapat wisata edukasi tentang kegunungapian. Berikut beberapa wahana yang ada di Ketep Pass:

a. Selain itu Ketep Volcano Center juga menyimpan dokumen-dokumen kegunungapian serta bebatuan saat terjadinya letusan.

b. Museum Vulkanologi

Museum dengan luas kurang lebih 500 meter persegi memiliki informasi kegunungapian yang lengkap. Fasilitas yang tersedia berupa komputer interaktif yang memuat banyak dokumen tentang pergunungapian. Bebatuan dari letusan Gunung Merapi dan sebuah poster Puncak Garuda yang hancur berukuran 3x3 meter tersedia di sini menjadi bukti. Ketep Volcano Theater mempunyai program rutin berupa pemutaran film dokumenter mengenai aktifitas Gunung Merapi seperti sejarah terbentuknya, riwayat letusan hingga jalur pendakian Gunung diputar di sini dengan kapasitas bioskop mencapai 75 orang.

c. Pelataran Panca Arga yang menjadi puncak tertinggi Ketep Pass merupakan gardu pandang dimana wisatawan bisa melihat lima gunung yang ada di Jawa Tengah yaitu Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing dan Slamet dengan menggunakan teropong yang disediakan. Beberapa gunung kecil lain termasuk Gunung Andong, Gunung Tidar serta Gunung Telomoyo juga dapat terlihat dari Ketep Pass. Dua buah gazebo disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati pemandangan dari ketinggian Ketep Pass.

Photoright: telusurindonesia.com

2.  Punthuk Setumbu 

Punthuk Setumbu berada di atas bukit dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan berada 4 km arah barat Candi Borobudur. Bukit yang terletak di desa Karangrejo ini merupakan salah satu tempat terbaik di Magelang untuk menyaksikan matahari terbit.


Untuk menuju ke lokasi ini kita akan melewati sebuah hotel yang bernama Hotel Manohara dan masuk melewati jalan desa. Pemandu lokal tersedia di sini yang akan membantu anda menunjukkan lokasi bukit Punthuk Setumbu. Disarankan untuk datang di musim kemarau agar mendapatkan pemandangan yang lebih baik.


Photoright: javaheritage.com

Wisata Unik lainnya di magelang : Wisata Candirejo, Menyusuri Indahnya Kampung Jawa

3. Rumah Kamera

     Obyek wisata ini menjadi lebih unik karena bagi fotografer yang biasa memegang kamera merasakan sensasi memasuki sebuah ‘kamera’ melalui bagian ‘lampu flash’ pada kamera DSLR sebagai pintu masuknya serta mengintip pemandangan luar dari bagian ‘mode LCD’ yang dijadikan sebuah jendela menjadi.

Di dalam rumah kamera ini terdapat berbagai lukisan karya seorang seniman asal Semarang yang bernama Tanggol Angien Jatikusumo yang sekaligus pemilik rumah kamera. Lukisan yang indah dan detail, dengan gambar-gambar yang sangat menyentuh dan lampu sorot yang menyinari lukisan menjadi point utama dari rumah kamera. Wisatawan dapat berfoto di antara lukisan ini maupun dengan latar interior rumah kamera yang unik. Tanggol mendirikan rumah kamera yang dibangun pada tahun 2013 dengan tujuan untuk menjadikan desa tempat tinggalnya menjadi desa seni yang banyak dikunjungi wisatawan.

Dari atas rumah kamera yang berupa lensa kamera, wisatawan dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dan pemandangan alam sekitarnya seperti Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Punthuk Setumbu dan perbukitan Menoreh


Photoright: mshodekblog.blogspot.com

 4. Gereja Merpati

Selintas ketika melihat bangunan ini kita akan melihat seperti seekor ayam yang sedang duduk dengan mahkota di kepalanya. Sebenarnya bangunan ini berbentuk merpati seperti yang diungkapkan oleh pemiliknya yaitu Daniel Alamsjah. Dari ketinggian, bangunan ini terlihat seperti seekor burung raksasa yang sedang terbang di tengah hutan karena di sekitar lokasi terdapat pepohonan yang rindang dan semak belukar yang melingkari bangunan sehingga membuat udara di tempat ini terasa sejuk.

Gereja Merpati atau masyarakat setempat menyebutnya gereja ayam berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, kecamatan Borobudur, Magelang berada tidak jauh dari Candi Borobudur kurang lebih 2,5 kilometer.

Gereja Merpati merupakan rumah doa yang terbuka bagi siapa saja dan terdiri dari bagian utama yang merupakan sebuah aula yang sangat luas tanpa diisi oleh perabotan apapun. Di bawah aula terdapat beberapa ruangan tidur lengkap dengan kamar mandinya dan beberapa ruangan lainnya. Menaiki puncak menara gereja menjadi salah satu spot foto oleh pengunjung. Dari puncak gereja kita dapat melihat pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau, persawahan yang membentang luas dan bahkan Candi Borobudur pun masih terlihat. 
Photoright: wartakota.tribunnews.com
 

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Unik di Magelang"

Posting Komentar