Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Keindahan dan Misteri Harimau Putih

Wisata Air terjun madakaripura merupakan sebuah wisata di probolinggo yang menyuguhkan keindahan air terjun yang berada di antara rimbunan pepohonan hijau pegunungan indah yang mampu membuat para pengunjungnya terkesima saat memandangnya, air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebihnya 200meter ini terjun bebas dengan gaya yang unik yaitu jatuh pada seluruh bidang tebingnya yang terlihat bak tirai yang indah, air terjun madakaripura ini merupakan wisata yang terbilang sangat unik bahkan bisa dibilang wisata air terjun terindah di jawa timur yang wajib dikunjungi saat berlibur ke kota probolinggo, selain pemandangannya yang menawan di sepanjang perjalanan nya pun mata anda akan di manjakan dengan keindahan alam pegunungan hijau yang sejuk yang akan membuat perjalanan anda menyenangkan.

Misteri Air Terjun Madakaripura
Misteri Air Terjun Madakaripura

Lokasi/ Alamat Air Terjun Madakaripura

Wisata air terjun madakaripura ini berlokasi di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga

Akses/ Rute Menuju Lokasi Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun ini bisa di tempuh melalui Tongas , jika anda dari banyuwangi maupun Surabaya anda bisa naik bus kea rah Tongas anda bisa mengutarakan tujuan anda pada kondektur bahwa anda ingin ke air terjun madakaripura dan anda akan diberhentikan di pertigaan Tongas, setelah turun anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan angkot yang tersedia di area pertigaan tongas tersebut, jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari pertigaan tongas anda cukup mengikuti penunjuk arah yang bisa dengan mudah anda temukan, sesampainya anda di pintu masuk air terjun madakaripura, anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki yang berjarak kurang lebih 1Km yang melewati jalan setapak dan menyebrangi sungai hingga sampai di lokasi tujuan.

Keindahan air terjun madakaripura
Keindahan air terjun madakaripura

Biaya Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Untuk biaya tiket masuk ke air terjun ini cukup terjangkau yaitu sekitar 3.000/orang.
Perhatian, Mengingat medan yang akan dilalui menuju lokasi cukup berat, apalagi dikawasan tersebut rawan banjir ada baiknya anda menggunakan jasa pemandu yang umumnya berasal dari warga setempat  yang lebih menguasai medan dan kondisi kawasan tersebut, biaya jasa pemandu biasanya sekitar 50-100rb sekali jalan.

Misteri Air Terjun Madakaripura

Selain dikenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang istimewa wisata air terjun madakari pura yang berlokasi di area taman nasional tengger semeru ini juga dikenal dengan hal mistisnya yaitu kemunculan Harimau Putih, menurut warga sekitar di area air terjun ini kerap muncul sosok mistis harimau putih pada tiap tahunnya yang dikenal memiliki hubungan khusus dengan Patuh Gajah Mada, “namun meskiter dengar menyeramkan sosok tersebut berlaku sebagai penjaga (tidak jahil) pada pengunjungnya, hal tersebut terlihat sekitar 5 tahun yang lalu, tapi sekarang sudah tidak pernah “ ujar Suhardi yang merupakan warga sekitar yang juga juru kunci madakaripura (dikutip dari merdeka.com)

Wisata Menarik lainnya di Jawa Timur Saksikan Pesona Pantai Papuma di Jember yang Menakjubkan

Asal Usul Air Terjun Madakaripura

Wisata Madakaripura Probolinggo
Wisata Madakaripura Probolinggo
Menurut Cerita yang berkembang di masyarakat tersebut arti dari Madakaripura tersebut ialah MADA (Gajah Mada), KARI (Terahir), dan PURA (tempat bersemedi)
Dalam kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca memang disebutkan, bahwa sang patih gajah mada di hadiahkan sebuah tempat untuk bertapa oleh Raja Hayam Wuruk, dalam kitab yang bertuliskan bahasa jawa kuno tempat tersebut ialah Mada Karipura. Sejumlah mitos  juga diceritakan warga setempat. Diantaranya, keberadaan senjata ampuh dari sang maha patih. Senjata tak kasat mata itu konon tersimpan di goa tempat Gajah Mada bersemedi.
Untuk meyakinkan bahwa Gajah Mada memang berada di tempat itu, dibangun dua patung Gajah Mada di lokasi me uju air terjun sebagai penanda.
Patung pertama diwujudkan dengan Gajah Mada yang sedang berdiri dengan menghunus keris.
Patung lainnya menunjukkan Gajah Mada sedang duduk mendekapkan tangan seperti sedang bersemedi.  Kedua patung tersebut memang menggambarkan sosok Gajah Mada yang gagah dan berwibawa. (referensi kabarbromoterkini.com)
Demikianlah informasi tentang Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Keindahan dan Misteri Harimau Putih, semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Keindahan dan Misteri Harimau Putih "

Posting Komentar