Tari Topeng Betawi, Tarian Tradisional Khas Jakarta

Tari Topeng merupakan tarian tradisional yang penarinya menggunakan sebuah topeng, dan hal tersebut telah ada sejak zaman pra-sejarah dan digunakan dalam tari yang menjasi bagian dari upacara adat atau sebuah pencitraan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur, dan mistisnya topeng diyakiniberkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi Para Dewa pada beberapa suku dan hingga saat ini topeng masih menghiasi beragam kegiatan seni dan adat sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis tari topeng di Indonesia namun di posting kali ini matajatim akan mengulas lebih detail tentang tari topeng betawi yang merupakan tarian tradisional khas Jakarta.
Tari Topeng Betawi
Tari Topeng Betawi

Hal yang paling menginspirasi penciptaan topeng di jawa yaitu sebuah cerita klasik Ramayana dan cerita Panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu, dan budaya topeng dijawa dibuat untuk pementasan  sendra tari yang menceritakan tentang kisah-kisah klasik tersebut, selain tari topeng Jakarta juga dikenal dengan kesenian Ondel-ondelnya yang akan di bahas dilain kesempatan.
Tari topeng betawi ini menampilkan perpaduan antara seni tari, music dan nyanyian yang dilakukan layaknya pertunjukan teater atau opera, tari topeng sendiri lebih bersifat teaterikal dan komunikatif lewat gerakan, setiap pertunjukan tari topeng memiliki sebuah tema  dan biasanya tema yang di angkat tentang kritik sosial mengenai kemiskinan pada masa kolonial dan tidak jarang juga yang hanya menyajikan hiburan/guyonan semata. Tari topeng betawi memiliki memiliki gerakan yang sangat lincah dan riang, biasanya tarian tersebut diiringi musik rebab, kromong tiga, gendang besar, kulanter, kempul, kecrek dan gong buyung.
Seni Tari Topeng betawi
Seni Tari Topeng betawi

Sejarah Tari Topeng Betawi

Pada awalnya tarian tradisional ini di tampilkan dengan cara berkeliling oleh para seniman, terutama pada pesta pernikahan maupun khitanan, pada saat itu tari topeng sendiri memiliki unsur magis yaitu jika orang yang menyelenggarakan pesta atau hajat kemudian menggundang kelompok Tari Topeng, maka orang tersebut memiliki tujuan agar dia dan keluarganya dijauhkan dari petaka, namun hal tersebut perlahan bergeser lebih pada kemeriahan dalam sebuah pementasan untuk memeriahkan sebuah pesta.

Wisata Budaya Menarik Lainnya:  Kampung Naga Tasikmalaya, Sejarah dan Pesona Budaya Unik

Tari topeng betawi ini memiliki beberapa varian seperti Tari Gegot, Tari Topeng Cantik, Tari Topeng Putri, Tari Topeng Ekspresi, Tari Lipet Gandes, Tari Topeng Tunggal, Tari Enjot-enjotan dan Tari Kang Aji.
Melihat pertunjukan topeng betawi dari dekat, kita bisa banyak lebih mengetahui tentang sebuah keseenian trdisional asal betawi, namun saat ini tradisi tari topeng terbilang sangat jarang ditemui, namun bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang nilai seni dan budaya betawi yang merupakan kesenian khas Jakarta sobat bisa mengunjungi tempat wisata budaya betawi yang berlokasi di daerah setu babakan, Jakarta selatan di lokasi tersebut kita bisa menyaksikan pegelaran seni tradisional masyarakat betawi, seperti atraksi kesenian tari topeng, marawis, tanjidor, lenong, gambang kromong, tari narojeng, tari lenggang nyai yang dilengkapi dengan Ondel-ondel yang merupan icon budaya tradisional masyarakat betawi khususnya Jakarta.
Akses menuju setu babakan kampunbg betawi
Kampung Betawi Setu Babakan jakarta
Kampung Betawi Setu Babakan jakarta
Lihat Juga : Kerapan Sapi, WIsata Budaya Andalan Pulau Madura

Untuk sampai di lokasi kampong wisata ini cukup mudah pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dengan menggunakan bus metromini jurusan blok M, Pasar minggu dan jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati jalur jurusan arah srengseh sawah, Jakarta selatan, penunjuk arah terbilang lengkap jadi cukup mudah untuk menemukan lokasi kampong wisata babakan tersebut.
Demikianlah Informasi Tentang Tari Topeng Betawi dan Wisata Kampung Budaya Setu Babakan , semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..

Sangat berterimakasih sekali jika pengunjung yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Topeng Betawi, Tarian Tradisional Khas Jakarta"

Posting Komentar