7 Tarian Tradisional Dari Jawa Timur Yang Populer

Tarian Tradisional Dari Jawa Timur – provinsi yang memiliki 29 kabupaten dan 9 kota ini memiliki ragam seni  dan budaya yang masih terjaga akan kelestariannya, bagi masyarakat jawa timur pasti tidak asing lagi dengan nama-nama tarian yang memang keberadaannya cukup populer bahkan masih kerap dipertunjukkan di desa-desa tertentu, dan setiap tarian memiliki keunikan tersendiri seperti kostumnya, gerak tarinya, bahkan music yang mengiringinya, dan berikut macam tari tradisional dari jawa timur.

1. Tari Gandrung Banyuwangi

Tari gandrung merupakan sebuah tarian yang berasal dari banyuwangi yang mana tari ini cukup populer dan dikenal luas karena memang budaya di kota tersebut masih sangat terjaga, karena itulah kota banyuwangi ini juga dikenal dengan sebutan kota gandrung, kata gandrung sendiri melambangkan panggilan Dewi Sri, dimana tarian ini dahulunya dibawakan sebagai rasa syukur masyarakat banyuwangi sehabis masa panen . tarian ini dibawakan oleh seorang wanita yang professional yang di iringi ndengan music gamelan. Pakaian yang digunakan penari biasanya terbuat dari bahan beludru berwarna hitam yang dihiasi dengan manic-manik yang mengkilat dan selendang di bahu.

2. Tari Reog Ponorogo

Sesuai dengan namanya tarian ini berasal dari ponorogo, jawa timur. Tarian ini cukup unik dimana setiap penari menggunakan topeng dengan ukuran yang cukup besar layaknya barongsai dengan berat sekitar 50kg, dan uniknya penari tersebut menahan topeng dengan giginya. Tarian ini juga sangat dikenal hingga ke manca Negara.

3. Tari Jaranan Buto

Seni tari dari jawa timur berikutnya masih datang dari kota banyuwangi, yaitu tari jaranan buto yang bisa di artikan kuda lumping raksasa, tarian ini memang tidak se fenomenal tari gandrung di banyuwangi namun di beberapa tempat tari jaranan buto ini masih di pertunjukkan, biasanya untuk mengisi acara khitanan, pernikahan dan sebagainya. Tarian ini dimainkan oleh 15 orang lebih dan bi asanya di lengkapi dengan lokon yang  cukup extreme yang di iringi dengan music tradisiona seperti kendang, gong, kecer dan kempul terompet.

4. Tari Jaranan

Tari jaranan ini merupakan sebuah tarian yang berasal dari Kediri, jawa timur. Sesuai dengan namanya tarian ini dimainkan dengan menaiki kuda tiruan yang terbuat dari bahan bamboo, dan uniknya tarian ini biasanya dilengkapi dengan atraksi kesurupan . tarian ini biasanya di bawakan para acara-acara tertentu seperti hari besar nasional dan sebaginya.

Seni Lainnya:  7 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat Yang Fenomenal

5. Tari Remo

Tari remo ini berasal dari kota jombang jawa timur yang menurut sejarahnya tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen dari kota tersebut, tari remo ini juga sangat dikenal dan biasanya di bawakan menjadi salah satu tarian pembuka di acara kesenian ludruk yang cukup terkenal, tari ini identik dengan gerak kakinya yang lincah dan energik, yang mampu membuat suasana pertunjukan jadi ceria.

6. Tari Beskalan Malang

Tarian yang berumur sangat tua hampir ratusan tahun ini berasal dari kota malang, jika dilihat dari gerak nya tarian ini menampilkan sebuah keanggunan, dan kelincahan seorang wanita Pakaian yang digunakan adalah Wedokan, semyok, khiasan kepala ( sanggul ), slendang, dan atribut lainnya dan Alat musik pengiringnya adalah kendang, jidor, sinden dan lain-lain.

7. Tari Wayang Topeng

Tari wayang topeng ini berasal dari kota malang, tari ini dibawakan untuk apresiasi pada wajah nenk moyang, dan biasanya tarian ini mengisahkan cerita Ramayana dan panji.
Itulah 7 tarian tradisional dari jawa timur, semoga bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tarian Tradisional Dari Jawa Timur Yang Populer"

Posting Komentar