Museum Sandi Jogja (Tiket Masuk dan Lokasi)

Wisata museum sandi -  kota Yogyakarta yang juga akrab dengan sebutan jogja ini memang asyik untuk tujuan liburan di ahir pekan, banyak destinasi wisata yang seru dan menarik dengan suguhan pesona keindahan alam hijau dan fasilitasnya yang lengkap yang siap memanjakan para pengunjungnya, muolai dari wisata sejarah seperti candi Borobudur, prambanan dan pantai selatannya yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, dikesempatan kali ini matajatim akan mengulas tentang salah satu wisata sejarah yaitu museum sandi yang namanya juga sangat dikenal dan banyak diminati para wisatawan, baik asing maupun lokasl.
museum sandi
museum sandi

Sejarah Museum Sandi
Museum Sandi adalah sebuah museum persandian yang kini berada di Kota Yogyakarta tepatnya di jalan Faridan Muridan Noto Nomor 21 Kotabaru, Yogyakarta 55224, Telepon 0274-556921, 556920. Museum Sandi menampilkan berbagai koleksi persandian bersejarah. Museum ini dibangun atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006 dan diresmikan pada tanggal 29 Juli 2008.[1] Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budayadi Museum,[2] Lembaga Sandi Negara bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY berupaya melestarikan nilai-nilai sejarah persandian sebagai bagian integral perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga sebagai media penanaman nilai patriotisme untuk mewariskan nilai kejuangan kepada generasi penerus khususnya segenap insan persandian melalui sebuah museum yang dinamakan Museum Sandi.

Wisata Menarik Lainnya: Rumah Pohon Taman Dayu Pandaan, Pasuruan (Tiket Masuk, Lokasi)

Gedung Museum Sandi yang baru terletak di Kotabaru Yogyakarta dan dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Sandi Negara RI Mayor Jenderal TNI. Dr. Djoko Setiadi, M.Si. bersama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY yaitu Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam IX pada hari Rabu tanggal 29 Januari 2014.
Museum ini menempati bangunan dimana pada tahun 1947 digunakan sebagai kantor Kementerian Luar negeri. Koleksi dari Museum Sandi ada buku kode, tas kode, meja dan kursi yang digunakan pada tahun 1948, mesin sandi dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan ilmu mengenai sejarah persandian pada masa agresi militer I dan II museum ini juga mengenalkan bagai mana cara membuat pesan sandi (kriptografi) secara sederhana. Pengunjung yang masuk tidak dikenakan biaya, cukup mengisi buku tamu secara digital yang akan dipandu oleh edukator yang cerdas dan ramah.
(via Wikipedia)

Harga Tiket Masuk Museum Sandi Jogja
Untuk harga tiket masuk wisata museum sandi ini masih gratis, yang dibuka pada jam Senin-Kamis 08.30-15.30 WIB
Jumat 08.30-16.00 WIB
Sabtu-Minggu 09.00-12.00 WIB.
Demikianlah informasi tentang wisata museum sandi jogja, semoga bermanfaat sebagai referensi liburan anda..
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Sandi Jogja (Tiket Masuk dan Lokasi)"

Posting Komentar