Sejarah Museum Masjid Agung Demak (Soko Tatal Dan Soko Guru)

Museum Masjid Agung Demak – pulau jawa memiliki cukup banyak destinasi wisata religi yang menyimpan banyak sejarah dan mitos tersendiri yang mampu menarik para pengunjungnya seperti makam para wali , masjid dan tempat-tempat lainnya yang dikeramatkan, dan dikesempatan kali ini matajatim akan mengulas salah satu wisata religi di demak yang banyak dikunjungi para peziarah baik dari dalam kota maupun luar kota yaiu museum masjid agung demak, mendengar namanya pasti dusah tidak asing lagi ditelinga karena memang masjid agung demak ini merupakan masjid yang fenomenal di Indonesia terutrama di pulau jawa, tiap harinya masjid ini selalu ramai dengan aktivitas beriba dah dan para kunjungan para peziarah yang datang dari luar kota, hal tersebut tak lain karena memang masjid ini merupakan masjid tertua di jawa yang dibangun oleh wali songo dan masjid ini juga dikatakan awal mula berdirinya kerajaan glagahwangi bintoro demak, lalu apa sih yang menarik di museum masjid demak ini? Oke selain dikenal dengan sejarahnya destinasi yang satu ini juga memiliki keunikanyang mampu menarik para pengunjungnya..

Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
Selain dikenal dengan bangunan masjid tertua dan bersejarah bangunan masjid demak ini juga memiliki cirri khas yang kental dengan adat jawa dimana bagian atap masjid demak ini membentuk limas an piramida s ebanyak 3susun yang memiliki arti mendalam dalam filosofi kehidupan manusia dalam akidah-akidah Islami. Pertama adalah 'Iman' kedua adalah 'Islam' ketiga adalah Ihsan. Tidak hanya itu Di bagian pintu Masjid Agung Demak ini terukir prasasti Condro Sengkolo yang bertuliskan Nogo Mulat Saliro Wani. yang memiliki arti 1466 Masehi / tahun 1388 Saka / 887 Hijriah. Kenapa dituliskan seperti itu? dimungkinkan pada tahun itulah dilakukannya pembangunan dan peletakan batu pertama untuk membanguk Masjid Agung Demak ini.

Wisata Menarik Lainnya: Pesugihan Gunung Kemukus, Ritual S3ks Untuk mencari Kekayaan

Museum Masjid Agung Demak
Selain singgah di masjid demak pengunjunga juga bisa menelusuri lebih dalam tentang sejarah walisongo di museum tersebut, lokasinya juga tidak jauh dari masjnid demak Di museum ini disimpanlah soko guru Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan gunungjati, Sunan Ampel.
Berikut beberapa peninggalan sejarah yang terdapat di museum masjid agung demak seperti
museum masjid demak===================================================================================================
museum masjid demak

  • Al Quran dari tulisan tangan asli,
  • gentong dari dinasti ming, 
  • lawang bledeg Ki Ajeng Selo, 
  • beberapa peralatan pada masa keraaan
  • Sirab, 
  • kentongan kuno, 
  • bedug kuno, 
  • maket Masjid, 
  • prasasti kayu dan 
  • beberapa foto-foto Masjid Agung jaman doeloe
  • Dan lain sebagainya
Di dalam Museum ini, para pengunjung juga bisa  melihat salah satu sejarah Islam ada dan berkembang di Indonesia
 
Lokasi/Alamat Museum Masjid Demak
Wisata museum masjid demak ini berlokasi di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.
Demikianlah informasi tentang wisata religi  masjid agung demak, jawa tengah. Semoga bermanfaat sebagai referensi liburan anda..
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Museum Masjid Agung Demak (Soko Tatal Dan Soko Guru)"

Posting Komentar